Round-Up

Rotasi Perdana Korps Bhayangkara Usai Listyo Sigit Jadi Kapolri

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 08:01 WIB
Gedung Markas Besar POLRI Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Rengga Sancaya/detikcom.
Mabes Polri (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi di lingkup internal Polri. Rotasi ini merupakan yang perdana di Korps Bhayangkara sejak Sigit menjabat Kapolri.

Rotasi ini dilakukan berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/318/II/KEP./2021 tertanggal Kamis (18/2/2021). Surat ini ditandatangani Asisten Sumber Daya Manusia (As SDM) Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Ada 25 perwira tinggi dan menengah yang dirotasi. Salah satunya Komjen Agus Andrianto, yang diangkat menjadi Kabareskrim Polri. Agus, yang sebelumnya menjabat Kabaharkam Polri, didapuk menduduki kursi yang ditinggalkan Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yang ditunjuk menjadi Kapolri.

Kemudian, kursi Kabaharkam diestafetkan ke Komjen Arief Sulistyanto. Arief sebelumnya menjabat Kalemdiklat Polri. Posisi Kalemdiklat Polri kemudian dijabat Komjen Rycko Amelza Dahniel, yang sebelumnya sebagai Kabaintelkam Polri.

Selain itu, ada juga nama Irjen Paulus Waterpauw. Irjen Paulus Waterpauw, yang sebelumnya menjabat Kapolda Papua, diangkat sebagai Kabaintelkam Polri untuk menggantikan Komjen Rycko.

Nama lainnya yang dirotasi adalah Irjen Nana Sudjana. Mantan Kapolda Metro Jaya itu diangkat sebagai Kapolda Sulawesi Utara (Sulut). Irjen Nana sebelumnya menjabat Koorsahli Kapolri.

Sementara itu, Wakabareskrim Irjen Wahyu Hadiningrat juga dirotasi. Wahyu digeser menjadi Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri.

Kursi Wakabareskrim kemudian diserahkan kepada Brigjen Syahardiantono. Sebelum ditunjuk sebagai Wakabareskrim, Syahardiantono sebelumnya menjabat Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri.

Simak juga video 'Panglima: TNI-Polri Siap Dukung PPKM Mikro & Vaksinasi':

[Gambas:Video 20detik]



Simak daftar lengkap rotasi Polri di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2