Banjir Landa Tojo Una-Una Sulteng, 4 Rumah Warga Hanyut

M Qadri - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 21:29 WIB
Banjir landa sejumlah desa di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulteng.
Foto: Banjir landa sejumlah desa di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulteng. (Dok. Istimewa)
Tojo Una-Una -

Hujan yang mengguyur Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah (Sulteng), siang tadi mengakibatkan banjir. Sebanyak 4 rumah warga di Tojo Una-Una hanyut terbawa arus banjir,

"Laporan yang masuk di SAR Palu bahwa ada 4 rumah hanyut dibawa banjir dan sekitar 20 rumah terendam akibat meluapnya Sungai Sungai Mayomba di Kecamatan Tojo Barat," kata Kasi Ops SAR Palu Andi Sultan, saat dihubungi, Kamis (18/2/2021) pukul 18.15 Wita.

Banjir landa sejumlah desa di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulteng, Kamis (18/2/2021).Foto: Banjir landa sejumlah desa di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulteng. (Dok. Istimewa)

Andi menyampaikan ketinggian air sungai yang meluap ke pemukiman warga sekitar 50 cm sampai dengan 1 meter. Derasnya aliran sungai tersebut menyebabkan rumah warga yang terbuat dari bahan kayu, terbawa banjir.

Belum laporan atau data korban yang terdampak akibat banjir. Sejumlah Tim SAR gabungan dari Pos SAR Parigi, BPBD Tojo Unauna, Tagana sudah berada di lokasi.

"Cuaca sampai dengan saat ini masih terjadi hujan. Adanya data korban luka ataupun jiwa yang terdampak akibat banjir belum kami peroleh dari tim yang saat ini berada di lokasi. Untuk sementara sejumlah SAR gabungan sudah berada di lokasi dan lainnya sedang diperjalanan."Ucapnya.

Sebelumnya, BMKG merilis peringatan dini perihal potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada siang dan malam hari di wilayah kabupaten/kota di Sulteng, yakni Palu, Donggala, Sigi, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

(zak/zak)