Round-Up

Genangan di Mana-mana Usai Hujan Guyur Ibu Kota

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 21:03 WIB
Kondisi Stasiun Tebet pasca hujan.
Foto: Stasiun Tebet sempat tergenang (dok. istimewa)
Jakarta -

Hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta sempat menimbulkan sejumlah titik genangan air. Genangan-genangan tersebut mulai surut.

Berdasarkan data yang didapatkan dari aplikasi Jakarta Kini atau JAKI per pukul 15.00 WIB, genangan tersebar di berbagai wilayah kota administrasi. Mulai dari Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Selatan. Ketinggian genangan sempat tercatat dari 31 hingga 70 centimeter (cm).

Sebagai informasi, aplikasi JAKI ini dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta. Di dalam aplikasi tertulis keterangan ketinggian air saat ini berkisar 31-70 cm disebut sebagai genangan.

Berikut ini titik genangan air di DKI Jakarta:

Jakarta Selatan

Di wilayah Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, genangan air terpantau ada di beberapa titik.

"Di Pondok Karya, kemudian Jalan Bank V, Jalan Kemang Utara IX, kemudian di RT 2 RW 3 Bangka, sama saya juga baru dapat informasi ada di Kompleks Kemang Pratama juga," ujar Camat Mampang Prapatan Djaharudin saat dihubungi detikcom, Kamis (18/2/2021).

Ketinggian genangan bervariasi. Djaharudin menambahkan genangan terjadi karena luapan kali.

"Iya itu deket kali semua," kata Djaharudin.

Selain di lokasi-lokasi tersebut, Djaharudin menginformasikan genangan di wilayah Tegal Parang I, II, dan III. Lokasi tersebut terendam akibat luapan Kali Cideng.

"Ketinggiannya sekitar selututlah atau sekitar 30 cm," tuturnya.

Sementara itu, genangan di rel Stasiun Tebet telah surut. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) masih berupaya mengurai antrean KRL lintas Manggarai ke Bogor.

"Kendala operasional KRL di lintas Manggarai-Bogor yang terjadi sekitar pukul 13.20 WIB karena adanya genangan air pada jalur rel di Stasiun Tebet sudah berhasil diatasi sekitar pukul 14.30 WIB," kata VP Corporate Secretary KAI PT KCI Anne Purba dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (18/2/2021).

"Namun masih akan terdapat antrean kereta yang akan melintas di lokasi," sambungnya.

KCI memastikan saat ini KRL bisa melaju dengan kecepatan normal. Namun KCI masih berupaya mengurai antrean perjalanan KRL rute Manggarai-Bogor dan sebaliknya.

"Saat ini KAI Commuter masih berusaha mengurai antrean perjalanan KRL lintas Manggarai-Bogor PP setelah kereta dapat kembali melalui lokasi dengan kecepatan normal," jelasnya.

Simak video 'Genangan di Rel Stasiun Tebet Surut, Begini Kondisinya':

[Gambas:Video 20detik]