Polisi Tangkap Napi di Kendari yang Atur Peredaran Narkoba dari Lapas

Sitti Harlina - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 19:08 WIB
Ilustrasi narkoba, sabu putau ganja
Foto: Ilustrasi (Mindra Purnomo/detikcom).
Kedari -

Jajaran Satres Narkoba Polres Kendari menangkap seorang narapidana inisial NH (30) yang mengatur peredaran narkoba dari dalam lapas. Keterlibatan NH terungkap setelah polisi menangkap seorang pengedar narkoba inisial RS (35).

"Berdasarkan Informasi dari masyarakat, kami berhasil melakukan penangkapan terhadap RS pada hari Sabtu tanggal 13 Februari 2021 sekitar pukul 19.20 WITa di salah satu hotel di Jalan R. Soeprapto Kel. Tobuuha Kec. Puuwatu Kota Kendari," jelasnya.

Dari tangan tersangka RS, polisi menemukan 33 saset sabu siap edar dengan berat 53,65 gram. Barang bukti sabu tersebut disembunyikan RS di dalam dompet dan sebuah kardus kecil.

"Setelah dilakukan interogasi, ia mengakui 33 (tiga puluh tiga) paket Sabu yang ditemukan tersebut diperoleh dari HN, seorang narapidana yang sementara ditahan di Lapas Kelas II A Kendari, sehingga saat itu petugas langsung menuju ke Lapas Kelas II A Kendari dan berkoordinasi dengan petugas Lapas," tuturnya.

Saat menangkap HN di Lapas Kendari, polisi juga mengamankan 1 handphone yang diduga digunakan HN untuk berkomunikasi dalam melancarkan aksinya mengendalikan sabu dari dalam Lapas Kendari.

Saat ini HN dan RS telah berada di Polres Kendari untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Guna mempertanggungjawabkan perbuatan, keduanya dikenakan Pasal 114 ayat (2) subs pasal 112 ayat (2) lebih subs pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman paling singkat 6 tahun penjara dan paling lama seumur hidup.

(nvl/nvl)