Polisi Imbau Warga Tak Ambil Foto Gunung Gede Pangrango di Flyover Kemayoran

Rahmat Fathan - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 16:24 WIB
Gunung Gede Pangrango adalah salah satu taman nasional yang terletak di Jawa Barat. Gunung yang tinggi menjulang itu dapat juga dilihat dari Ibu Kota Jakarta.
Flyover Kemayoran, Jakpus yang dijadikan spot warga ambil foto Gunung Gede Kemayoran. (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Flyover Kemayoran, Jakarta Pusat mendadak ramai didatangi warga. Warga menjadikan sebagai spot untuk mengambil foto Gunung Gede Pangrango usai seorang fotografer, Ari Wibisono menggunggah penampakan jelas gunung tersebut di flyover Kemayoran.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardi mengimbau warga tak mengambil foto Gunung Gede Pangrango dari atas Flyover Kemayoran, sebab berbahaya dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

"Pada intinya tidak dibenarkan berhenti di jembatan, baik yang jalan kaki, pengendara sepeda motor, maupun mobil. Kan membahayakan dirinya dan orang lain," ujar Lilik saat dihubungi wartawan, Kamis (18/2/2021).

"Pada intinya enggak dibenarkan," ucap dia menambahkan.

Lilik mengaku mendapat informasi adanya sejumlah warga yang mengambil foto Gunung Gede Pangrango dari atas Flyover Kemayoran pagi tadi. Namun, saat dia ke lokasi, warga sudah membubarkan diri.

"Saya dapat informasi itu tadi pagi dan saya cek ke lokasi tapi sudah bubar. Itu kan karena cuaca lagi bersih, jadi gunungnya kelihatan, sehingga ada yang foto dan videokan," katanya.

Selanjutnya, Lilik mengimbau warga tak mengulangi aktivitas tersebut. Sebab, kata Lilik, kegiatan mengambil foto dari atas flyover berbahaya.

"Diharapkan masyarakat untuk jangan diulangi karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Nanti bisa menimbulkan kecelakaan gara-gara berhenti atau berdiri di Flyover," tutur Lilik.

Dia menyarankan warga yang ingin mengambil foto bisa mencari momen-momen dan di tempat lain yang lebih aman.

"Di tempat yang tidak membahayakan seperti itu," tuturnya.

Sebelumnya penampakan Gunung Gede Pangrango yang terlihat jelas dari Kemayoran, Jakarta Pusat viral di media sosial. Foto yang viral itu dijepret oleh fotografer Ari Wibisono.

"Pemandangan Gunung Gede Pangrango di Kemayoran Jakarta Pusat Pagi ini, menandakan kualitas udara sedang bersih Jakartans," tulis Ari Wibisono di akun Instagram-nya pada Rabu (17/2/2021).

Foto itu kemudian diunggah ulang (repost) oleh akun resmi Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, lalu membagikan unggahan Dinas LH DKI itu di Instagram Story miliknya.

Saksikan juga 'Hujan Deras Guyur Jakarta, Permukiman di Tebet Raya Kebanjiran!':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/fjp)