Staf Ahli Mendagri Resmi Dilantik Jadi Pj Gubernur Sumbar

Jeka Kampai - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 12:30 WIB
Gedung Kementrian Dalam Negeri, Jakarta
Gedung Kemendagri (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Plh Sekjen Kemendagri dan Staf Ahli Mendagri bidang Ekonomi dan Pembangunan, Hamdani, ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatra Barat (Sumbar). Hamdani resmi dilantik hari ini oleh Kemendagri.

Kepala Biro Pemerintahan Setprov Sumbar, Iqbal Ramadi Payana, mengatakan penyebutan Hamdani sebagai Pj Gubernur Sumbar berdasarkan keterangan dari Radiogram Nomor T.121/1037/OTDA. Hamdani dilantik bersamaan dengan tiga Pj lainnya, yakni Pj Gubernur Kepri, Bengkulu dan Jambi.

"Sesuai agenda, sore ini Pj.Gubernur akan sampai di Padang," kata Iqbal kepada wartawan, Kamis (18/2/2021).

Hamdani akan menjadi Pj Gubernur sampai gubernur definitif dilantik. Pada Pilgub 2020, pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy yang menjadi pemenang. KPU Sumbar baru akan melakukan pleno penetapan pasangan calon terpilih pada Jumat (19/2/2021) besok.

Sosok Hamdani sudah tidak asing bagi kalangan birokrat di lingkungan Pemprov Sumbar. Ia pernah menjadi Staf Ahli Gubernur Sumbar kala itu Gamawan Fauzi bidang ekonomi dan keuangan (2008-2010) sebelum akhirnya pindah ke Jakarta dan diangkat menjadi Direktur Anggaran Daerah (2010-2014).

Lelaki kelahiran Painan, Pesisir Selatan itu juga pernah ditunjuk sebagai Pj.Gubernur Bali selama pada periode Agustus hingga September 2018 lalu.

Sebelumnya, Pj Gubernur Sumbar diisi oleh Alwis. Alwis ditunjuk sebagai Plh pada Jumat (12/2/2021) dan sekarang kembali ke posisinya sebagai Sekda Provinsi Sumatera Barat.

(eva/eva)