Pemprov Riau Izinkan 6 Daerah Buka Sekolah Tatap Muka Tingkat SMA

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 12:51 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Pekanbaru -

Kegiatan belajar-mengajar tatap muka untuk tingkat SMA dan SMK sederajat sudah mulai berjalan di Riau. Hanya, dari 12 kabupaten dan kota, baru 6 daerah yang diperbolehkan belajar tatap muka.

Enam daerah yang melaksanakan kegiatan tatap muka terbatas adalah Siak, Kuantan Singingi, Kampar, Bengkalis, Indragiri Hilir, dan Kepulauan Meranti. Sementara daerah lain masih menunggu rekomendasi Satgas COVID-19.

"Enam daerah sudah mulai, kabupaten dan kota lainnya mereka melakukan persiapan belajar tatap muka terbatas. Sebab, untuk pelaksanaan tatap muka harus mendapat rekomendasi dari Satgas COVID-19 daerah masing-masing," terang Kadisdik Pemprov Riau, Zul Ikram, Kamis (18/2/2021).

Zul menjelaskan enam daerah yang belum diizinkan belajar tatap muka adalah Rokan Hilir, Pelalawan, Indragiri Hulu, Rokan Hulu, Pekanbaru, dan Dumai. Proses belajar tatap muka terbatas ini, kata Zul, berjalan sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.

"Sesuai SKB 4 Menteri, sekolah harus menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan sebelum masuk kelas dan mengukur suhu tubuh, menjaga jarak dan sebagainya. Harus diterapkan secara ketat saat pelaksanaan mulai pekan ini," katanya.

Terkait aturan pembelajaran tatap muka terbatas, hanya boleh diikuti 50 persen dari total jumlah siswa yang ada di sekolah SMA dan SMK/sederajat.

"Duduknya juga berjarak, sesuai aturan protokol kesehatan. Pelajar yang masuk sekolah dibagi menjadi dua shift untuk menghindari kerumunan," katanya.

Sebelumnya, kegiatan belajar tatap muka juga telah dilakukan di Pekanbaru untuk sekolah tingkat SMP. Sejumlah sekolah mulai menggelar tatap muka pada pekan lalu dengan protokol kesehatan ketat.

Tak hanya itu, kegiatan belajar tatap muka juga dilakukan hanya 2 kali dalam sepekan. Jika kasus COVID-19 terus menurun, barulah siswa belajar normal setiap hari.

(ras/lir)