Wapres Ma'ruf Ngaku Ngantuk Usai Divaksin COVID-19: Itu Aja Dampaknya

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 12:08 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin di Balai Rehabilitasi Pangudi Luhur Bekasi
Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

Ma'ruf kembali menekankan bahwa vaksinasi Corona wajib diikuti hingga herd immunity tercapai. Karena itu, dia mengajak lansia dan seluruh masyarakat divaksinasi.

"Kan saya udah bilang, menurut pandangan agama itu, itu wajib, wajib kifayah, kalau belum tercapai apa yang mesti dicapai itu dosanya belum hilang sampai dengan 182 juta itu, baru gugur. Kepada umat saya ajak memenuhi kewajibannya itu, termasuk yang sudah sepuh, saya sudah memulai yang tua-tua. Orang-orang yang sebangsa dengan saya," jelasnya.

Selain itu, Ma'ruf menjelaskan hukum vaksinasi saat bulan Ramadhan. Dia mengatakan suntik vaksin tidak membatalkan ibadah puasa.

"Nggak apa-apa (puasa). Karena itu bukan masuk dari lubang, kalau dari lubang hidung, mulut. Ini kan nggak," jelasnya.

Ma'ruf Amin melaksanakan vaksin COVID-19 pada Rabu kemarin di kediamannya, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. Ma'ruf mengaku tidak merasakan sakit saat disuntik.

"Beberapa waktu yang lalu saya sudah divaksin, alhamdulillah tidak ada masalah, tidak sakit, tidak ada rasa pusing, biasa-biasa saja," kata Ma'ruf usai divaksinasi di kediamannya, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, dalam video yang diterima detikcom, Rabu (17/2).


(lir/hri)