Jokowi: Berkat Bendungan, Banjir di Tapin Kalsel Bisa Dikurangi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 11:40 WIB
Presiden Jokowi diagendakan meresmikan Bendungan Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Kamis (18/2) besok.
Bendungan Tapin yang diresmikan Jokowi (Muhammad Risanta/detikcom)
Tapin -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Jokowi mengatakan bendungan ini berfungsi untuk mengairi sawah, menghasilkan listrik, hingga mengendalikan banjir.

"Inilah fungsi bendungan selain mengairi sawah, hasilkan listrik, selain air baku, juga dalam rangka pengendalian banjir," kata Jokowi saat meresmikan Bendungan Tapin melalui video yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (18/2/2021).

Jokowi mengatakan, menurut Gubernur Kalimantan Selatan, Bendungan Tapin mampu mengurangi banjir di Kabupaten Tapin. Karena itu, Kabupaten Tapin menjadi daerah dengan risiko paling kecil terdampak banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Tadi Pak Gub juga sampaikan bahwa karena adanya Bendungan Tapin ini, banjir di Kabupaten Tapin bisa dikurangi. Sangat drastis sekali. Hanya kecil sekali daerah yang terkena banjir. Karena Kabupaten Tapin memiliki bendungan ini. Pak Bupati, betul Pak? Inilah fungsi bendungan selain mengairi sawah, hasilkan listrik, selain air baku, juga dalam rangka pengendalian banjir," tutur dia.

"Kita tahu banjir di Provinsi Kalsel mencakup sebuah area yang sangat luas, kurang-lebih 10 kabupaten/kota," imbuh Jokowi.

Selain itu, kata Jokowi, Bendungan Tapin ini juga bisa difungsikan sebagai objek pariwisata. Keindahan alam di sekitar waduk, lanjutnya, bisa digunakan untuk menggaet wisatawan.

"Iya, saya lupa tadi, ini fungsi setelah melihat keindahan di sekitar waduk ini, benar. Ini bisa jadi objek pariwisata bukan hanya di Kab Tapin tapi di Provinsi Kalsel," katanya.

Sebelumnya, dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA mengaku bersyukur atas adanya Bendungan Tapin. Menurut dia, Bendungan Tapin sangat efektif dalam menahan banjir di Kabupaten Tapin saat banjir besar di Kalsel beberapa waktu lalu.

"Sebelum diresmikan, bendungan ini telah bekerja dengan sangat efektif. Dalam banjir besar kemarin, salah satu keuntungan bendungan ini berhasil menahan banjir untuk kabupaten tapin. Sehingga Kabupaten Tapin adalah salah satu kabupaten yang paling kecil mendapat efek banjirnya. Alhamdulillah kami sampaikan, dan terimakasih kepada bapak presiden atas nama masyarakat di Tapin," kata Safrizal dalam laporannya.

Lihat Video: Jokowi Resmikan Bendungan Tukul di Pacitan

[Gambas:Video 20detik]



(mae/tor)