Round-Up

Celetukan 'Enaknya Berkuasa' Gubsu Bangun Masjid dengan Nama Ayahnya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 21:07 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi (kemeja putih)-(Ahmad Arfah-detikcom)
Gubsu Edy Rahmayadi (berkemeja putih) (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi merencanakan pembangunan sebuah masjid di sekitar lokasi pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) Batubara. Nama masjid itu bernama Abdulrahman, yang merupakan nama ayahanda Edy Rahmayadi.

Hal itu punya maksud tertentu. Edy berharap orang-orang yang beribadah di masjid tersebut dapat mendoakan pula untuk ayahnya.

"Jadi namanya adalah Abdulrahman. Saya minta maaf aja, kenapa Abdulrahman, karena ayah saya namanya Abdulrahman," kata Edy Rahmayadi saat groundbreaking pembangunan PLTGU yang disiarkan melalui YouTube Info Sumut, Rabu (17/2/2021).

Kemudian ia melempar candaan. Edy beruntung bisa menjabat sebagai orang nomor satu di Sumatera Utara sehingga nama ayahnya bisa dipakai untuk pembangunan masjid.

"Mohon maaf, inilah enaknya berkuasa ini, salah sendiri Anda tidak berkuasa. Mengizinkan ini namanya Abdulrahman? Yang tak izin tunjuk tangan," ucapnya.

Edy Rahmayadi mengungkap ukuran masjid Abdulrahman akan lebih besar ketimbang Masjid Istiqlal di Jakarta. Lokasinya berada di gerbang PLTGU.

Selain masjid, Edy Rahmayadi berjanji membangun rumah ibadah lain di sekitar PLTGU. Hal ini demi memenuhi hak beribadah warga setempat.

"Nanti berikutnya akan saya tayangkan. Ada gereja, vihara. Nanti yang menempati di situ bukan hanya orang Islam, ada Kristen, ada beragama Hindu dan Buddha, kita siapkan semua fasilitas di sini," tuturnya.

Di akhir penjelasan, Edy meminta agar PLTGU tidak dijadikan lokasi perjudian hingga prostitusi. Edy berjanji akan menyiagakan petugas Satpol PP.

"Yang tak boleh judi, prostitusi tak boleh. Ada yang bilang, iya lah tak boleh kalau tak ketahuan. Ngarang aja, saya gerakkan Satpol PP di sini," jelas Edy.

Simak video 'Gubernur Edy Jadi Orang Pertama yang Disuntik Vaksin di Sumut':

[Gambas:Video 20detik]

(isa/man)