Sempat Kabur, Bandar Sabu Kelas Kakap di OKI Sumsel Diciduk BNN

Prima Syahbana - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 20:44 WIB
BNN OKI akhirnya menciduk bandar sabu kelas kakap yang telah lama ditarget (dok Istimewa)
BNN OKI akhirnya menciduk bandar sabu kelas kakap yang telah lama jadi target. (Foto: dok. Istimewa)
Palembang -

Dedi Irawan alias Wawan, warga Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), diciduk Badan Narkotika Nasional (BNN) OKI. Ia ditangkap setelah mengambil kiriman sabu asal Batam dari sebuah jasa ekspedisi.

Wawan disergap BNN saat sedang berada di Jalan Raya Lingkis, Jejawi, OKI, pada Selasa (16/2/2021) malam. Wawan sempat mencoba mengelabui petugas. Barang haram yang dikirim dari Batam tersebut sempat transit dulu di Jakarta dan dibungkus dengan selimut.

"Bandar sabu atas nama Dedi Irawan kita sergap berikut barang bukti narkotika jenis sabu dengan berat 567,18 gram," kata Kepala BNN OKI AKBP Agung Sugiyono kepada wartawan, Rabu (17/2).

Polisi menyebut penyergapan Dedi berawal dari adanya informasi mengenai pengiriman paket mencurigakan atas nama tersangka yang dikirimkan melalui jasa ekspedisi pengiriman barang cepat.

"Pada November 2020 lalu, tersangka ini sempat menghubungi sopir bus jurusan Palembang-Tulung Selapan. Dalam percakapan tersebut, tersangka memberitahu ada barang titipannya di mobil tersebut dan minta diantarkan ke rumahnya di kawasan Tulung Selapan Ulu," terang Agung.

Dari informasi tersebut, polisi kemudian melakukan penyelidikan berupa control delivery ke alamat tujuan. Namun tersangka melarikan diri.

"Tersangka saat itu berhasil kabur. Anggota hanya mengamankan barang bukti dan seorang sopir bus," tuturnya.

Setelah tersangka hampir 3 bulan menjadi buron, polisi terus melakukan penyelidikan mendalam hingga kembali didapati informasi keberadaan tersangka.

"Selasa malam kemarin kita mendapatkan laporan jika tersangka akan berangkat menuju ke Kota Palembang dengan menggunakan kendaraan roda empat," imbuhnya.

Dari laporan tersebut, polisi melakukan penyisiran dan memberhentikan sebuah kendaraan travel yang ditumpangi tersangka berikut paket narkotika jenis sabu.

"Tersangka disergap di Jalan Raya Lingkis, Jejawi, OKI, pada Selasa (16/2) malam. Tersangka memang sudah menjadi target kami sejak beberapa bulan lalu, karena merupakan bandar besar kelas kakap di wilayah Kabupaten OKI," ungkapnya.

Selain menangkap tersangka dan menyita paket sabu, polisi menyita 3 buah ponsel dati tangan tersangka. Sedangkan dari pengakuan tersangka kepada polisi, barang haram tersebut sengaja dikirim menggunakan jasa pengiriman ekspedisi.

"Dari pengakuan tersangka, barang haram tersebut sengaja dikirim dari Batam menggunakan jasa ekspedisi Tiki," tutupnya.

Saksikan juga 'Jadi Bandar Sabu, Emak-emak Diciduk Polisi yang Nyamar':

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/jbr)