Top 5 News

Ma'ruf Amin Divaksin, Kapolri Ingin Pelapor UU ITE Tidak Diwakili

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 19:55 WIB
Top 5 News Januari 2021
Foto: detikcom
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 produksi Sinovac Biotech China. Ma'ruf Amin menyebut tidak memiliki keluhan selama proses vaksinasi. Proses vaksinasi berjalan dengan baik.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menerbitkan surat telegram untuk pegangan bagi para penyidik terkait UU ITE. Di antaranya, mengatur tentang kasus UU ITE harus dilaporkan oleh korban, tidak bisa diwakilkan oleh pihak lain.

Selain dua berita di atas, ada beberapa berita lainnya yang menjadi perbincangan hangat hari ini. Berikut Top 5 News edisi Rabu (17/2/2021).

1. Momen Wapres Ma'ruf Amin Divaksinasi Corona

Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah disuntik vaksin COVID-19 produksi Sinovac Biotech China pagi tadi. Ma'ruf Amin mengaku tidak merasakan sakit dan pusing saat disuntik.

Oleh karenanya, Ma'ruf mengajak semua pihak menyukseskan program vaksinasi. Tidak ada yang mengetahui kapan COVID-19 akan berakhir. Karena itu, Ma'ruf Amin menyebut vaksinasi penting untuk terciptanya kekebalan terhadap virus Corona.

Artikel Selengkapnya: Disuntik Vaksin COVID-19, Ma'ruf Amin: Biasa-biasa Saja

2. Bareng Anies, Jokowi Tinjau Vaksinasi Corona Pedagang Tanah Abang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi di Tanah Abang. Jokowi kemudian mengunggah momen itu di akun Instagram resminya. Di foto tersebut, wajah Anies Baswedan tidak terlihat karena terhalangi vaksinator.

Jokowi dalam caption unggahan itu mengatakan bahwa vaksinasi di Indonesia telah berjalan satu bulan. Jokowi menjelaskan bahwa dirinya baru saja meninjau program vaksinasi tahap dua yang dimulai di Pasar Tanah Abang.

Artikel Selengkapnya: Jokowi-Anies Tinjau Vaksinasi

3. Walkot Pariaman Ditegur Kemendagri

Wali Kota (Walkot) Pariaman Sumatera Barat (Sumbar), Genius Umar menolak menerapkan SKB 3 menteri terkait seragam sekolah di wilayahnya. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) langsung menegur Genius Umar atas penolakannya terhadap SKB 3 menteri itu.

Teguran Kemendagri kepada Genius Umar dilakukan secara lisan. Kemendagri tidak menutup kemungkinan menerapkan sanksi terhadap Genius agar paham akan tugas yang diemban.

Artikel Selengkapnya: Kemendagri Tegur Walkot Pariaman yang Tolak SKB 3 Menteri

4. Kapolri: Pelapor UU ITE Jangan Diwakili!

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menerbitkan surat telegram untuk pegangan bagi para penyidik terkait UU ITE. Di antaranya, mengatur tentang kasus UU ITE harus dilaporkan oleh korban, tidak bisa diwakilkan oleh pihak lain

Pedoman ini dibuat agar nantinya UU ITE tidak digunakan masyarakat sebagai alat untuk saling lapor. Jenderal Sigit juga meminta upaya mediasi didahulukan

Artikel Selengkapnya: Kapolri Ingin Pelapor UU ITE Harus Korban

5. Walikota Solo FX Rudy Pamit

FX Hadi Rudyatmo mengakhiri masa jabatannya sebagai Wali Kota Solo hari ini. Dia telah berkemas-kemas dari kantor dan menitipkan pesan untuk wali kota penerusnya, Gibran Rakabuming Raka.

Rudy pun menyampaikan pesan kepada Gibran, salah satunya agar pemimpin harus mau menerima kritik dan saran dari masyarakat. Hal tersebut dapat memotivasi diri untuk berubah menjadi lebih baik.

Artikel Selengkapnya: Pesan FX Rudy ke Gibran

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)