Cerita Pemilik CCTV soal Viral Pocong di Sulsel Dikejar Anjing

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 16 Feb 2021 13:59 WIB
Tangkapan layar video viral pocong dikejar anjing di Jeneponto, Sulsel (dok. Istimewa).
Foto: Tangkapan layar video viral pocong dikejar anjing di Jeneponto, Sulsel. (dok. Istimewa).
Jeneponto - Pemilik kamera pengawas (CCTV) bernama Hj Suriati (53) di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel), kembali menceritakan peristiwa viral ada pocong yang lari terbirit-birit dikejar anjing. Suriati menyebut anjing yang terus menggonggong itu bertepatan ketika dirinya yang sedang salat tahajud.

"Jadi memang saya rutin itu Pak, bangun setengah dua, biasa juga terbangun jam dua, memang saya rutin tahajud, jadi kita terbangun itu 01.30, selesai tahajud jam dua," ujar Suriati saat berbincang dengan detikcom, Selasa (16/2/2021).

Saat pertama kali terbangun untuk tahajud, Suriati mengatakan situasi masih normal. Namun saat ia mulai salat, suara anjing menggonggong mulai terdengar.

"Mulai menggonggong di depan rumah itu waktu tahajud. Waktu baru bangun belum terdengar suara anjing, nanti salat tahajud," katanya.

Namun Suriati mengaku abai terhadap suara anjing tersebut. Namun karena anjing itu tak berhenti menggonggong hingga Suriati selesai tahajud, dia pun mengecek tayangan CCTV.

"Awalnya tidak kita hiraukan dulu. Nanti selesai tahajud baru saya keluar di depan televisi di layarnya CCTV, saya lihat di situ masih ada anjing 3 ekor di depan rumah. Jam dua lewat itu. tiga ekor itu anjing, yang di tengah lari naik di jalanan," katanya.

Namun Suriati mengaku tidak melihat pocong saat itu. Terlebih, dia memang hanya fokus mengecek apakah kucing peliharaan milik anaknya diterkam anjing atau tidak.

"Yang saya perhatikan kebetulan ada kucing di rumah, beberapa minggu yang lalu itu kucingnya anakku 4 ekor yang hilang, mungkin sudah dimakan anjingkah itu," kata dia.

"Jadi saya curiga ku ini anjing, kucing ji juga dia cari. Jadi saya perhatikan itu TV, hanya kucing ku ji saja saya (fokus) perhatikan itu Pak, kebetulan ada kucing kesayangannya saya punya anak itu. Andaikan ada kucing di situ keluar, mungkin saya buka pintu baru saya usir anjingnya," sambung Suriati.

Suriati mengaku melanjutkan tidur setelah memastikan kucing peliharaan anaknya aman dari anjing di depan rumahnya. Namun pada keesokan harinya, Suriati meminta anaknya mengecek kembali rekaman CCTV.

"Nanti besoknya dicek sama anak-anak ternyata ada pocong di depan rumah, seberang jalan itu Pak," kata Suriati.

Menurut Suriati, selama ini memang dia dan sekeluarga kerap mendengar suara anjing menggonggong. Namun baru kali ini dia melihat ada sosok menyerupai pocong.

"Oh kalau yang lalu-lalu itu memang sering kedengaran suara anjing menggonggong. Cuma waktu itu tidak ada CCTV, kan kita baru 2 bulan ini pasang CCTV. Kebetulan kami perwakilan distribusi pupuk di sini Pak jadi di jalan masuk ke gudang itu kami pasang CCTV," katanya. (hmw/isa)