Masa Jabatan Akhyar Berakhir Besok, DPRD Gelar Paripurna Usul Pemberhentian

Ahmad Arfah - detikNews
Selasa, 16 Feb 2021 12:29 WIB
Rapat paripurna di DPRD Medan (Ahmad Arfah-detikcom)
Rapat paripurna di DPRD Medan (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

DPRD Medan menggelar rapat paripurna pengusulan pemberhentian Akhyar Nasution sebagai Wali Kota Medan. Akhyar bakal diberhentikan karena masa jabatannya berakhir.

Rapat digelar di ruang rapat paripurna, gedung DPRD Medan, Selasa (16/2/2021). Paripurna dipimpin Ketua DPRD Medan Hasyim. Akhyar hadir dalam rapat tersebut.

"Adapun usulan pemberhentian Wali Kota Medan berpedoman pada pasal 78 ayat 2 huruf A Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah," kata Hasyim saat paripurna.

Hasyim mengatakan undang-undang itu mengatur pemberhentian wali kota karena habis masa jabatannya. Dia mengatakan rapat ini masih dalam rangka mengusulkan pemberhentian Akhyar.

"Melalui rapat ini DPRD Kota Medan akan membuat usulan pemberhentian Ir Akhyar Nasution sebagai Wali Kota Medan," jelasnya.

Usulan ini kemudian akan dikirimkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Sumatera Utara. Mendagri-lah yang nantinya akan mengeluarkan surat keputusan pemberhentian Akhyar sebagai Wali Kota Medan.

Akhyar merupakan Wakil Wali Kota Medan yang terpilih bersama Dzulmi Eldin pada Pilkada 2015. Keduanya resmi dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan pada 17 Februari 2016.

Masa jabatan kepala daerah adalah 5 tahun. Seharusnya jabatan Eldin-Akhyar sebagai pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan bakal berakhir pada 17 Februari 2021.

Lihat Video: Bersama Keluarga, Cawalkot Medan Akhyar Nasution Nyoblos di TPS

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)