Round-Up

4 Fakta Gempa Fukushima Jepang Lukai Puluhan Orang

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 14 Feb 2021 19:47 WIB
Gempa berkekuatan magnitudo 7,3 gucang sisi timur lepas pantai Fukushima Jepang. Sejumlah kerusakan akibat gempa pun terlihat di kawasan itu. Berikut fotonya.
Dampak Kerusakan Akibat Gempa M 7,3 Guncang Jepang. (Foto: Jun Hirata/Kyodo News via AP)
Jakarta -

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 7,3 terjadi di Fukushima, Jepang. Gempa dilaporkan tidak berpotensi tsunami.

Gempa ini terjadi di lepas pantai Fukushima, bagian Timur Jepang, Sabtu (13/2/2021), sekitar pukul 23.08 waktu setempat. Badan Meteorologi Jepang melaporkan gempa terjadi pada kedalaman 60 kilometer.

Gempa tersebut mengguncang gedung-gedung di Ibu Kota Jepang. Badan Meteorologi Jepang mengatakan tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Berikut fakta-fakta gempa Fukushima:

950 Ribu Rumah Mati Listrik

Gempa M 7,3 itu menyebabkan 950 ribu rumah mengalami mati listrik hingga reaktor nuklear tidak mengalami gangguan.

Seperti dilansir dari AFP, Minggu (14/2/2021), Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga dipanggil ke kantornya usai gempa tersebut mengguncang wilayah Fukushima. Dia mengatakan pemerintah akan mendirikan kantor penghubung khusus untuk berkoordinasi dengan wilayah yang terkena dampak.

Sekertaris Kabinet Katsunobu Kato menyebut pihaknya masih mendata dampak gempa tersebut. Termasuk menelusuri pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) yang ada di Fukushima Daiichi. Sejauh ini, lanjut dia, belum ada kelainan yang terjadi pada reaktor nuklir tersebut.

"Survei sedang dilakukan di pembangkit nuklir Fukushima Daiichi," katanya.

"Kami telah menerima laporan bahwa PLTN Onagawa dan PLTN Fukushima Daichi tidak menunjukkan kelainan apapun," tambahnya.

104 Orang Terluka

Gempa Fukushima Jepang ini membuat seratusan orang mengalami luka-luka. Laporan awal, tercatat 50 orang mengalami luka-luka.

Menurut laporan Reuters, mengutip televisi nasional Jepang, NHK, korban luka akibat bertambah. Informasi terakhir, gempa ini menyebabkan 104 orang luka-luka.

Tidak ada laporan korban meninggal dunia. Gempa juga menyebabkan atap bangunan roboh menimpa mobil yang tengah terparkir di pinggir jalan.

Botol-botol kaca terlihat pecah dan berserakan jatuh dari rak. Kondisi salah satu kantor di Jepang juga tampak berantakan dengan map yang berceceran.

Sedangkan kondisi jalanan di Fukushima, Jepang tampak gelap tanpa penerangan.

Simak video 'Laporan Detail Dampak Akibat Gempa Besar di Jepang':

[Gambas:Video 20detik]