Perayaan Imlek, Ma'ruf Amin Minta Pemuka Agama Aktif Ajak Warga Patuhi Prokes

Tiara Aliya - detikNews
Minggu, 14 Feb 2021 15:44 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan sambutannya dalam acara doa bersama menyambut Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili. Ma'ruf mendorong peran pemuka agama menyerukan penerapan protokol kesehatan demi percepatan penanganan COVID-19.

"Dalam situasi seperti ini saya mendorong peran para pemuka agama termasuk khususnya dari MATAKIN untuk terus mendukung upaya bersama kita menjaga umat Konghucu secara khusus dan masyarakat luas agar tetap menjaga kesehatan dan mematuhi pelaksanaan protokol kesehatan," kata Ma'ruf Amin dalam acara Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional 2572 Kongzili Doa untuk Indonesia, yang digelar virtual, Minggu (14/2/2021).

Ma'ruf turut mengapresiasi disiplin protokol kesehatan COVID-19 yang diterapkan oleh Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN) karena menggelar acara doa bersama secara virtual. Hal ini, sebut Ma'ruf, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengupayakan percepatan penanganan COVID-19.

"Saya mengapresiasi bahwa perayaan imlek kali ini diselenggarakan dalam bentuk sembahyang besar dan doa keselamatan yang bertajuk doa untuk Indonesia. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk melakukan percepatan penanganan pandemi COVID-19 sekaligus untuk pemulihan ekonomi nasional yang kunci utamanya adalah kedisiplinan untuk menerapkan prokes di mana kita harus melakukan penyesuaian untuk tetap beraktivitas dan produktif melalui pola kehidupan yang sehat dan produktif," jelasnya.

Ma'ruf menyadari pentingnya peran pemuka agama dalam menyosialisasikan penerapan prokes kepada umatnya. Menurutnya, para pemuka agama dapat meyakinkan umatnya mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Nasihat dan bimbingan pemuka agama tentu akan memperkuat keyakinan dan kepatuhan umatnya tentang bahaya dan akibat yang sangat merugikan apabila kedisiplinan dalam menerapkan prokes tidak diindahkan," jelasnya.

Selain itu, Ma'ruf juga mengimbau umat Konghucu berkontribusi dalam program pemulihan ekonomi yang dicanangkan pemerintah. Ia juga mendoakan semoga ikhtiar ini bisa membuahkan hasil baik.

"Saya juga sangat berharap bahwa MATAKIN yang sebagian besar warganya merupakan pelaku usaha dapat mendukung upaya pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional akibat pandemi COVID-19 ini. Saya berharap dukungan MATAKIN dan seluruh umat Konghucu akan memberikan dampak yang berarti bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19," ucapnya.

"Semoga ikhtiar sembahyang besar dan doa bersama yang dilakukan segenap umat Konghucu diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Saya percaya dengan semangat dan usaha yang terbaik diiringi doa serta inovasi dan kreativitas kita dapat melewati masa sulit ini," sambungnya.

Dalam acara itu, sejumlah tokoh juga menyampaikan pesannya dalam perayaan Imlek tahun ini. Berita selengkapnya di halaman berikutnya>>>

Saksikan juga 'Menag Yaqut Bicara Pentingnya Ajaran Konghucu':

[Gambas:Video 20detik]