PKB Lirik Raffi Ahmad-Agnez Mo Maju Pilgub DKI Dinilai Upaya Cari Perhatian

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 14 Feb 2021 07:44 WIB
Yunarto Wijaya
Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tengah mengkaji untuk mengusung Agnes Monica dan Raffi Ahmad dalam Pilgub DKI Jakarta 2024. Pengamat Politik Yunarto Wijaya menilai PKB mencoba menarik perhatian publik.

"Apa yang dilakukan PKB, kalau menurut saya ini lebih ke arah mencoba menarik perhatian publik saja, karena dalam kondisi pandemi sekarang isu politik ini kan defisit, jarang isu-isu politik yang dibawa partai kemudian bisa menempatkan partai itu dipanggung yang diperhatikan publik," ujar Yunarto Wijaya, saat dihubungi, Sabtu (13/2/2021).

"Saya melihat ini upaya PKB untuk menjadi menarik perhatian publik, atau dilirik masyarakat level bawah minimal dalam pemberitaan, belum tentu efeknya ke elektoral," tambahnya.

Dia menyebut cara menarik perhatian ini pernah dipakai oleh PKB dalam pemilu sebelumnya. Menurutnya, dalam pemilu sebelumnya, PKB sempat mendapat sorotan masyarakat karena ingin mencalonkan Rhoma Irama.

"Dulu pernah dilakukan juga, dulu PKB misalnya di Pilpres dulu atau Pemilu sebelumnya itu sempet dengan Rhoma Irama, akhirnya Rhoma tidak berhasil dijadikan capres tapi PKB berhasil mendapatkan atau mencuri perhatian publik karena efek pro dan kontranya berhasil didapatkan," tuturnya.

Yunarto mengatakan dalam pemilu kerap terlihat bahwa popularitas artis yang dicalonkan tidak linear dengan elektabilitas. Terlebih Yunarto mengatakan masyarakat DKI lebih terdidik sehingga dapat dengan baik memberikan pilihan.

"Melihat pola yang ada dari peluang seorang artis untuk maju di level pilada atau pileg sekalipun menurut saya pengalaman sudah membuktikan bahwa popularitas itu tidak linier dengan elektabilitas," katanya.

"Biasanya di kota-kota besar yang lebih terdidik apalagi seperti DKI Jakarta pemilih biasanya bisa membedakan, antara prestasi yang ada di bidang entertainment itu belum tentu sejalan dengan prestasi untuk memimpin demokrasi atau pemerintahan," pungkasnya.

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tampak sudah mempersiapkan diri untuk gelaran Pilgub DKI Jakarta 2024. Sejumlah kader internal PKB dipersiapkan hingga sejumlah selebriti pun dilirik seperti Raffi Ahmad dan Agnes Monica.

Dia mengatakan PKB mempersiapkan kader partai terbaik untuk bisa diusung di Pilgub DKI 2024. Nama Raffi Ahmad dan Agnes Monica juga dilirik sebagai bagian dari luar unsur partai.

"Meski demikian, di internal PKB tentu juga sudah ada ancang-ancang. Untuk Pilgub DKI Jakarta 2024, PKB sudah menyiapkan beberapa kader mumpuni, di antaranya Jazilul Fawaid (Wakil Ketua MPR RI), Faisol Reza (Ketua Komisi VI DPR RI), Cucun Ahmad Syamrizal (Ketua FPKB DPR RI), dan Hasbiyallah Ilyas (Ketua DPW PKB DKI Jakarta). Dari luar unsur partai, PKB melirik artis Raffi Ahmad dan Agnes Monica untuk ditimang sebagai cagub DKI Jakarta 2024," kata Sekretaris Bidang Sosial dan Kebencanaan DPP PKB Luqman Hakim dalam keterangan tertulis, Jumat (12/2).

Tonton video 'PKB Tunggu Waktu yang Tepat untuk Komunikasi ke Raffi Ahmad-Agnez Mo':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/maa)