Gemuruh Muncul di Langit Bandung, Ini Kata Lapan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 13 Feb 2021 13:01 WIB
Ilustrasi Langit Bandung
Ilustrasi langit Bandung (Yudha Maulana/detikcom)

"Ada indikasi tambahan untuk meyakinkan itu adalah suara meteor jatuh: jejak cahaya/asap di langit, temuan meteorit, atau getaran yang terekam oleh alat ukur (seismograf, sonograf, dan sebagainya)," imbuhnya.

Sebelumnya, Yusnia (26), warga Sukagalih, Kecamatan Sukajadi, mendengar suara gemuruh tersebut pada Kamis, 11 Februari 2021, sekitar pukul 11.12 WIB.

"Saya tadi lagi menggendong anak, tadinya mikir suara pesawat, tapi kok lama. Akhirnya saya keluar tapi tidak ada pesawat yang melintas, suara tersebut masih terdengar," kata Yusnia kepada detikcom.

Tak berselang lama, ujar Yusnia, suara gemuruh juga muncul sekitar pukul 11.44 WIB. Suara gemuruh yang kedua berlangsung lebih pendek, yakni 2,5 menit. "Sebenarnya lebih lama yang pertama, barusan juga terdengar suara gemuruh yang ketiga, tapi hanya sebentar," tuturnya.

Pada 11 Februari, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung mengungkapkan kemungkinan besar suara gemuruh yang terdengar di langit Kota Bandung berasal dari aktivitas manusia.

Pasalnya, peralatan yang berada di BMKG tidak mencatat adanya aktivitas seismik maupun petir yang terjadi di sekitar wilayah Kota Bandung, tepatnya di Jalan Setiabudi dan Jalan Cemara.

Lihat juga Video: Warga Kampung Ciherang Sukabumi Masih Dihantui Gemuruh Tiap Malam

[Gambas:Video 20detik]



Halaman

(rdp/idh)