82 RW di DKI Zona Merah COVID-19, PDIP: Pengawasan Tidak Ketat

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Sabtu, 13 Feb 2021 05:45 WIB
Jakarta -

Sebanyak 82 RW di Jakarta masuk ke dalam zona merah sebaran COVID-19. PDIP DKI menyebut penyebab meningkatnya zona merah di Jakarta karena pengawasan tidak ketat.

"Gambarannya sangat jelas, makin banyak RW yang dikategorikan zona merah, maka penerapan PPKM tahap 1 dan 2 kemarin tidak efektif, kenapa? Karena pengawasan tidak ketat," ujar Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono kepada wartawan, Jumat (12/2/2021).

Gembong mengatakan pihaknya tidak melihat ada penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat di tingkat RW. Selain itu, Gembong menganggap belum ada kolaborasi yang dilakukan antara Pemprov DKI dan juga masyarakat terkait penerapan prokes.

"Tidak nampak (penerapan prokes yang ketat). Belum terbangun kolaborasi keterlibatan tokoh masyarakat dan Satpol PP," katanya.

Gembong berharap dengan adanya kebijakan PPKM mikro dapat memberikan kesadaran terhadap masyarakat mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Dia pun mendukung kebijakan PPKM mikro.

"Namun dengan kebijakan baru yakni penerapan PPKM/PSBB ketat di tingkat RW zona merah, saya kira ini kebijakan yang positif," katanya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melaporkan ada 82 RW masuk zona risiko (zona merah) tinggi penularan COVID-19. RW terbanyak masuk zona merah COVID-19 ada di Jakarta Selatan (Jaksel).

Berdasarkan data di situs corona.jakarta.go.id, Jumat (12/2), RW berstatus zona merah ini tersebar di lima wilayah kotamadya Jakarta dan Kepulauan Seribu. Data 82 RW masuk zona merah itu berdasarkan data per 4 Februari 2021.

Dengan rincian Jakarta Utara sebanyak 4 RW, Jakarta Timur 6 RW, Jakarta Selatan 41 RW, Jakarta Pusat 16 RW, Jakarta Barat 13 RW, dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu 2 RW.

Wilayah zona merah tersebut berada di 40 kelurahan. Kelurahan dengan RW masuk zona merah terbanyak ialah Kelurahan Joglo (6 RW), Kelurahan Karet Kuningan (6 RW), Kelurahan Srengseng (5 RW), dan Kelurahan Tegal Parang (5 RW).

(man/rfs)