Kominfo: Situs dan FB Aisha Weddings Tak Ditemukan, Mungkin Dihapus Pemilik

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 12 Feb 2021 04:19 WIB
Dirjen Aptika Semuel Abrijani Pangerapan
Dirjen Aptika Semuel Abrijani Pangerapan (Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto)
Jakarta -

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo, Samuel Abrijani Pangarepan, menyebut pihaknya sudah tidak menemukan lagi website dan facebook Aisha Weddings yang melayani pernikahan usia dini. Dia mengatakan kemungkinan situs itu sudah di-takedown oleh pemiliknya.

"Website dan facebooknya sudah tidak ditemukan. Kelihatannya di-takedown sendiri oleh pemiliknya," kata pria yang akrab dipanggil Sammy itu, ketika dihubungi, Kamis (11/2/2021).

Sammy tidak menyebut rinci tindakan lebih lanjut yang dilakukannya terkait situs Aisha Weddings ini. Namun, pihaknya akan membantu kepolisian dalam melakukan penyelidikan.

"Ini sedang ditangani kepolisian," katanya.

Untuk diketahui, situs aishaweddings.com ramai dikecam karena mempromosikan nikah usia dini hingga poligami. Polda Metro Jaya telah menerima laporan dari Sahabat Milenial Indonesia (Samindo) soal situs Aisha Weddings yang mempromosikan nikah usia dini. Polisi akan meminta klarifikasi pihak terkait untuk menyelidiki laporan soal Aisha Weddings ini.

"Laporannya sudah masuk di Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Ini masih kita lakukan klasifikasi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (11/2/2021).

Menurut Yusri, pihaknya menjadwalkan akan memanggil pihak pelapor terlebih dahulu. Selain itu, dia menyebut penyidik kini tengah mem-profiling akun-akun yang berkaitan dengan situs Aisha Weddings.

"Kita klarifikasi pelapornya, sementara kita profiling akun tersebut," imbuh Yusri.

Lebih lanjut, Yusri memastikan penyelidikan kasus tersebut akan tetap berlanjut meski pemilik situs telah menghapus situs tersebut.

"Jejak digital tidak akan pernah hilang sampai kapanpun mau dihapus atau ditenggelamkan," tegas Yusri.

(eva/dhn)