Libur Imlek, Polisi: Arus Kendaraan Arah Trans Jawa Belum Meningkat Signifikan

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 12 Feb 2021 01:16 WIB
Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksa (Dok Istimewa)
Foto: Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksa (Dok Istimewa)
Jakarta - Polisi melakukan pengecekan lalu lintas di dalam tol saat hari libur Imlek. Hingga kini, belum ada peningkatan yang signifikan arus kendaraan ke arah Jawa.

"Kita sudah mendengar informasi juga kita cek ke lapangan tadi di KM 19, KM 57 yang akan mengarah ke trans Jawa maupun ke Bandung ini dari siang belum mengalami peningkatan arus yang signifikan," ujar kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksa di KM 19 tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Kamus (11/2/2021).

Rudi mengatakan polisi sudah berkoordinasi dengan pihak yang menjaga gate Tol Cikampek Utama. Kenaikan arus kendaraan tak terlalu signifikan bila dibandingkan hari-hari sebelumnya.

"Ada kenaikan sedikit 9-10 persen arus mengarah ke Jawa," terang Rudi.

Rudi memastikan saat ini belum terjadi kemacetan di dalam tol. Jika nantinya terjadi kemacetan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah skenario.

"Sampai saat ini belum ada tapi kita sudah menyiapkan skenario-skenario kalau nanti terjadi kepadatan biasanya ini di KM 47, pertemuan tol atas dan bawah, nanti kita lalukan contraflow dari KM 47 sampai KM 61 kalau ada kepadatan. Namun di lapangan justru malah banyak pantauan arus yang dari Jawa yang ke Jakarta. Jadi sampai hari Ini arus mudik masih lancar dan terkendali," jelasnya.

Menurutnya, kebijakan pemerintah soal larangan PNS untuk berpergian jauh saat Imlek efektif menekan peningkatan arus kendaraan yang tak terlalu signifikan. Selain itu, imbauan kepada karyawan swasta soal berpergian jauh juga dinilai tersampaikan.

"Di sini kita terus melakukan pengawasan di KM 19, perjalanan kendaraan atau kendaraan-kendaraan pribadi dan disini pula sudah dilakukan rapid test antigen secara acak dengan drive thru. Kita juga membawa surat keterangan COVID, ternyata sudah banyak yang membawa namun ada beberapa yang belum maka kita fasilitasi untuk test disini gratis," lanjutnya. (isa/isa)