Komisi II Minta PNS Makeup Bak Barbie Dibina, Ingatkan soal Kode Etik

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 15:18 WIB
Politikus PKB Luqman Hakim (Dok. Pribadi).
Politikus PKB Luqman Hakim (Dok. Pribadi)
Jakarta -

Video seorang wanita berseragam pegawai negeri sipil (PNS) dengan ber-makeup bak Barbie viral. Komisi II DPR RI mengingatkan seorang ASN harus berpenampilan sewajarnya.

"Ada kode etik yang harus dipedomani oleh seluruh ASN, termasuk PNS. Sebagai pelayanan masyarakat, ASN harus menjaga penampilan pada batas-batas kewajaran dan sopan-santun publik," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Luqman Hakim kepada wartawan, Kamis (11/2/2021).

Lebih lanjut, Luqman meminta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) pemerintah daerah terkait segera memberikan pembinaan kepada PNS tersebut. Pimpinan Komisi II dari Fraksi PKB itu meminta semua PNS berfokus memberi pelayanan kepada masyarakat.

"Saya minta pimpinan langsung atau pembina kepegawaian pada unit kerja kementerian atau lembaga di mana yang bersangkutan bekerja agar memberi pembinaan kepada yang bersangkutan supaya sebagai PNS kembali berperilaku sesuai dengan nilai-nilai kepantasan dan fokus memberi pelayanan pada masyarakat," ucapnya.

Sebelumnya, video wanita berseragam PNS yang makeup-nya bak Barbie heboh di TikTok. Video yang diunggah oleh pemilik akun TikTok Sumarniati @sumarniati_marni itu langsung ramai menjadi sorotan publik.

Banyak warganet yang menyebutkan jika penampilan wanita di video itu dianggap terlalu berlebihan untuk seorang PNS. Shading hidung yang terlihat jelas, alis 'cetar', dan juga bibir mauve pink.

Sumarniati mengakui bahwa dia adalah wanita yang mengunggah video PNS makeup ala Barbie itu. Sumarniati mengaku dia adalah wanita di dalam video tersebut. Dalam kesehariannya, dia memang seorang PNS.

Saksikan juga 'Ahli Jelaskan Gaya Hidup Glamor PNS di Sidang Pinangki':

[Gambas:Video 20detik]



(hel/zak)