Dirut BPJS Kesehatan Cek Efektivitas P-Care di RSUD Sumedang

Mustiana Lestari - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 12:16 WIB
Fachmi Idris
Foto: Mustiana Lestari
Sumedang -

Dirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris meninjau implementasi Primary Care (P-Care) Vaksinasi milik BPJS Kesehatan di RSUD Sumedang. Dalam kunjungannya tersebut, Fachmi mengecek rangkaian proses vaksinasi COVID-19 yang tengah dijalankan para tenaga kesehatan melalui P-Care.

"Semakin lama semakin baik aplikasi P-Care, seluruh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan bisa daftar langsung hanya dengan menunjukkan identitas. Buat RS aplikasi ini tidak begitu sulit pemahamannya karena user friendly," jelas Fachmi kepada detik.com, Kamis (11/2/2021).

Dengan aplikasi P-Care, secara administrasi para tenaga kesehatan yang telah menjalani vaksinasi bisa terdata dengan baik. Ada 4 tahapan yang mereka jalani dalam proses vaksinasi, yaitu pendaftaran di meja 1, screening kesehatan di meja 2, eksekusi vaksinasi di meja 3, dan observasi pascavaksinasi hingga penerbitan sertifikat di meja 4.

"Khusus dalam pelaksanaan vaksinasi, aplikasi P-Care Vaksinasi juga dapat dipergunakan oleh seluruh fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan vaksinasi COVID -19 dengan kata lain bukan hanya yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan," ujar Fachmi.

Sementara itu, Dirut RSUD Sumedang Dr.dr.H Aceng Solehudin mengatakan sejauh ini aplikasi P-Care sangat membantu proses administrasi dan pendataan para tenaga kesehatan dan karyawan RSUD Sumedang yang menjalani vaksinasi.

"Kendala tidak ada. P-Care juga lancar. Ada yang tidak terlacak tapi kita sudah lakukan secara manual dulu dan sudah mulai diintegrasikan dan sudah ter-backup sementara ini," terang Dr.dr.H Aceng.

Dia menjelaskan dari sekitar 1.100 karyawan di RSUD Sumedang, sudah sekitar 600 orang tenaga kerja kesehatan dan karyawan yang telah divaksin, sisanya akan menunggu pasokan vaksin selanjutnya.

Diketahui, aplikasi P-Care Vaksinasi ini adalah bagian terintegrasi dari Sistem Satu Data Vaksinasi Covid-19 yang mendukung proses pencatatan dan pelaporan pelayanan vaksinasi di fasilitas kesehatan. Data hasil input P-Care Vaksinasi akan terintegrasi pada tabulasi dan dashboard Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Terdapat 13.839 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia sudah terintegrasi dengan P-Care Vaksinasi. Terdiri dari puskesmas, klinik, rumah sakit, KKP, dan pos vaksinasi lainnya.



Simak Video "Sewindu BPJS, Merevolusi Masyarakat Sadar Bayar Iuran"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)