KPK Lelang 7 Handphone Barang Rampasan Kasus Saipul Jamil

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 20:55 WIB
Penampakan Gedung Baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan
Foto: Rachman Haryanto/detikcom
Jakarta -

KPK kembali melelang barang rampasan dari perkara korupsi yang ditanganinya. Barang rampasan yang dilelang kali ini berupa tujuh handphone (HP) dan satu perangkat elektronik dari perkara terpidana Saipul Jamil.

Pelelangan barang rampasan itu merupakan tindak lanjut dari putusan Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, pada 31 Juli 2017, atas kasus suap panitera PN Jakarta Utara Rohadi. Saat itu, Saipul Jamil divonis 3 tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider 3 bulan kurungan karena terbukti menyuap Rohadi sebesar Rp 250 juta untuk pengurusan kasus asusila yang menjeratnya.

"KPK akan melakukan lelang eksekusi barang rampasan di muka umum melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III dengan jenis penawaran melalui internet (closed bidding)," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (10/2/2021).

Barang rampasan yang dilelang itu di antaranya 1 HP Nokia, 1 iPhone 6, 1 HP Blackberry, 1 HP Samsung, 1 Apple A1524, 1 iPhone model A1586, 1 iPhone model A1586, dan 1 perangkat elektronik jenis Digital Video Recorder (DVR) dengan kapasitas 1 TB beserta adaptor DVR.

"Dengan harga limit Rp 3.071.000,00 dan uang jaminan Rp 1,5 juta," ujar Ali.

Selain melelang barang rampasan perkara Saipul Jamil, KPK juga melelang barang rampasan perkara lain. Di antaranya dari penanganan perkara terpidana Marudut, Agung Ilmu Mangkunegara, Raden Syahrial alias Ami, dan Umar Ritonga.

Total barang rampasan dari terpidana tersebut adalah 15 unit HP yang terdiri dari merek Apple, Samsung, Nokia, dan Oppo. Lelang akan dilaksanakan di Kantor KPKNL III, Jakarta Pusat, pada Selasa, 16 Februari 2021.

"Batas akhir penawaran 10.15 WIB," katanya. Informasi selengkapnya dapat diakses pada tautan berikut ini.

Saksikan juga 'Jadi 'Remaja Masjid', Hukuman Saipul Jamil Dikurangi':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/idn)