Top 5 News

Komunikasi Terakhir Pilot Sriwijaya hingga Investigasi Sumber COVID-19

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 20:11 WIB
Top 5 News Januari 2021
Foto: detikcom
Jakarta - KNKT merilis laporan awal investigasi kecelakaan Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Detik-detik terakhir penerbangan itu terekam dalam flight data recorder (FDR) yang telah ditemukan

Sementara itu, seorang perempuan pelaku unjuk rasa menolak kudeta militer di Myanmar dilaporkan dalam kondisi kritis dan dinyatakan mengalami kematian otak. Ia diduga tertembak peluru tajam oleh aparat keamanan.

Selain dua berita di atas, ada beberapa berita lainnya yang menjadi perbincangan hangat hari ini. Berikut Top 5 News edisi Rabu (10/2/2021).

1. KNKT Rilis Jatuhnya Sriwijaya Air

Detik-detik terakhir pesawat Sriwijaya Air SJ182 sebelum jatuh terungkap lewat rekaman flight data recorder (FDR). Sistem autopilot pesawat mati saat ketinggian pesawat berkurang.

Komunikasi terakhir pilot Sriwijaya Air SJ182 dan petugas air traffic controller (ATC) pada 9 Januari 2021 itu terekam hingga pukul 14.39.59 WIB. Setelah itu, kondisi terakhir pesawat dengan nomor registrasi itu diketahui dari rekaman FDR.

Artikel Selengkapnya: Detik-detik Terakhir Rekaman FDR SJ182

2. Pendemo di Myanmar Ditembak Peluru Tajam

Para demonstran kembali turun ke jalan-jalan di ibu kota Myanmar, Naypyidaw, pada Rabu (10/2), setelah sejumlah korban luka-luka akibat tindakan keras polisi dalam aksi demo sehari sebelumnya.

Namun, dalam aksinya tersebut seorang perempuan pelaku unjuk rasa menolak kudeta militer di Myanmar dilaporkan tertembak peluru tajam yang diduga dilakukan oleh aparat keamanan.

Artikel Selengkapnya: Satu Demonstran Kritis

3. Detik-detik Ridho Rhoma Ditangkap Bawa Narkoba

Penyanyi dangdut Ridho Rhoma untuk kedua kalinya tertangkap karena kasus narkoba. Ridho Rhoma digerebek Satresnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priok pada Kamis, 4 Februari 2021, di sebuah apartemen di Jakarta Selatan.

Penggerebekan ini dilakukan atas informasi dari masyarakat tentang adanya tindak pidana penyalahgunaan narkoba di wilayah Tanjung Priok. Polisi melakukan penyelidikan hingga akhirnya kecurigaan mengarah ke apartemen tersebut.

Artikel Selengkapnya: Ekstasi Jadi Barang Bukti

4. Hasil Investigasi Sumber COVID-19 di Wuhan

Tim investigasi WHO menepis anggapan bahwa virus Corona (COVID-19) berasal dari kebocoran laboratorium di Wuhan, China. WHO mengatakan teori asal muasal virus dari lab sangatlah tidak mungkin.

Analisa terbaru WHO seakan menampik tudingan sejumlah pihak yang menyebut virus Corona berasal dari laboratorium di Wuhan. Sebagaimana diketahui, tudingan resmi yang terakhir muncul datang dari Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) di era pemerintahan Donald Trump.

Artikel Selengkapnya: Virus Corona Bukan dari Lab Wuhan?

5. Polisi Amankan Mantan Istri Andika Kangen Band

Chairunnisa atau Chacha, mantan istri Andika Kangen Band ditangkap Ditres Narkoba Polda Lampung terkait narkoba. Chairunnisa dan pria yang disebut sebagai pacarnya itu ditangkap di sebuah kamar kontrakan.

Penyidik Subdit 3 Polda Lampung AKP Aden melakukan penangkapan pada Senin, 8 Februari 2021 sekitar pukul 23.00 WIB. Saat itu mantan istri Andika Kangen Band dan pria bernama Riski Pratama ditangkap di sebuah kamar kontrakan.

Artikel Selengkapnya: Mantan Istri Andika Kangen Band Pemakai

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)