Pemprov Riau Larang ASN Pergi ke Luar Kota Selama Masa Libur Imlek

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 10:48 WIB
imlek
Ilustrasi Perayaan Imlek (Thinkstock)
Pekanbaru -

Pemprov Riau melarang ASN di Bumi Lancang Kuning bepergian selama libur Tahun Baru Imlek. Larangan itu ditujukan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Perlu dilakukan pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah. Bagi ASN dilarang bepergian selama libur tahun baru Imlek 2572 di masa pandemi COVID-19," kata Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Riau Chairul Riski, Rabu (10/2/2021).

Larangan itu, katanya, didasarkan pada surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Keluar Daerah bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN). Larangan ini berlaku selama libur Tahun Baru Imlek 2572.

"Surat edaran tersebut berpedoman pada Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 dan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020," katanya.

Chairul menyebut ASN dan keluarganya dilarang melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah atau mudik pada 11-14 Februari 2021. Dia mengatakan ASN yang dalam keadaan terpaksa harus bepergian ke luar daerah harus lebih dulu mendapatkan izin dari pejabat pembina kepegawaian di instansinya.

"Selain itu, ASN yang terpaksa perlu untuk melakukan kegiatan keluar daerah, maka harus memperhatikan peta zonasi risiko penyebaran COVID-19 yang ditetapkan oleh Satgas Penanganan COVID-19," terangnya.

ASN yang ketahuan pergi ke luar daerah bakal dikenai sanksi dari atasannya. Dia mengingatkan ASN untuk mematuhi aturan ini.

"Sesuai edaran tersebut, apabila terdapat ASN yang melanggar, yang bersangkutan akan diberi hukuman disiplin sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2020 tentang Disiplin Pegawai ASN dan peraturan pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja," kata Riski.

(ras/haf)