Round-Up

Temu Natalius Pigai-Abu Janda Tak Surutkan Kasus Dugaan Rasisme

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 07:43 WIB
Abu Janda bertemu Natalius Pigai (Dok. Istimewa)
Foto: Abu Janda bertemu Natalius Pigai (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kasus dugaan rasisme terhadap mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai, terus lanjut. Pertemuan Pigai dengan Abu Janda tak membuat penyelidikan polisi berhenti.

Pertemuan itu berawal dari keinginan Abu Janda yang disampaikannya setelah diperiksa penyidik Bareskrim Polri, Kamis (4/2/2021). Abu Janda merasa heran masalahnya dengan Pigai dilaporkan ke polisi oleh orang lain.

"Memang saya belum ada komunikasi, saya justru itu mungkin juga ingin (bertemu Pigai)," ujar Abu Janda.

Gayung pun bersambut. Pigai siap berjumpa Abu Janda dan menyatakan tak pernah berniat untuk memenjarakan siapa pun.

"Saya hanya lilin kecil di lorong kegelapan! Saya tahu itu risiko sebagai pekerja kemanusiaan karena itu saya tidak pernah terpikirkan untuk memenjarakan/melaporkan," ucap Pigai.

Tak lama setelah itu, pertemuan Abu Janda dan Pigai terlaksana. Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjadi pihak yang mempertemukan keduanya.

Pertemuan Abu Janda dan Natalius Pigai terjadi di sebuah hotel, Senin (8/2). Di antara keduanya, ada Sufmi Dasco Ahmad.

Dasco, yang duduk di tengah, tampak tersenyum di sebuah foto, begitu pula Natalius Pigai dan Abu Janda. Dasco memberi sedikit penjelasan soal pertemuan tersebut.

"Perkuat diri membangun negeri. Bersama Natalius Pigai dan Abu janda, Fairmont 8-2-2021," sebut Dasco.

Pigai juga angkat bicara mengenai pertemuannya dengan Abu Janda itu. Pigai mengatakan pertemuan itu merupakan keinginan Abu Janda usai dirinya diperiksa polisi. "Kemarin itu kan setelah Abu Janda diperiksa oleh Mabes Polri, kemudian dia menyatakan dia mau bertemu saya. Dia yang bertemu saya ya. Jangan salah. Jadi Natalius itu ditemui Abu Janda, bukan saya bertemu. Kemudian, karena kan saya juga tidak kenal, saya juga juga tidak punya hubungan, jadi difasilitasi Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco. Kemudian beliau menemui saya kemari, difasilitasi oleh Pak Dasco," kata Natalius Pigai kepada wartawan, Selasa (9/2).

Selanjutnya
Halaman
1 2