Round-Up

Banjir Kritik ke Anies Saat Pamer Capaian di Momen Tak Tepat

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 07:08 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Foto: ANDHIKA PRASETIA/detikcom
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerkan capaiannya di Istana Negara dalam perayaan Hari Pers Nasional. Namun, aksi Anies Baswedan itu dinilai tak tepat mengingat Jakarta masih didera masalah banjir.

Puncak peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2021 ini digelar di Istana Negara, Jakarta, Selasa (9/2/2021). Peringatan ini dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri kabinet. Sementara pimpinan DPR dan gubernur daerah lainnya hadir secara virtual.

Mulanya, Anies mengapresiasi insan pers yang menurutnya tetap mengabarkan berita terkini meski di tengah pandemi COVID-19. Kemudian, Anies menyampaikan sejumlah pencapaiannya di Jakarta, salah satunya terkait kemacetan.

"Izinkan kami juga melaporkan bahwa Jakarta pada tahun 2020 ini keluar dari daftar 10 besar kota termacet di dunia. Biasanya kita ingin masuk daftar 10 terbesar, kalau kemacetan kita ingin keluar dari 10 besar," ungkapnya.

Anies mengatakan, pada 2017, Jakarta menduduki peringkat keempat dalam daftar 10 besar kota termacet di dunia. Pada 2020 ini, kata dia, Jakarta berada di posisi ke-31.

"Di tahun 2017 Jakarta nomor 4 di dunia, 2018 menjadi nomor 7, 2019 menjadi nomor 10, dan alhamdulillah di tahun 2020 kita menjadi ranking 31. Insyaallah ini menjadi pengalaman yang berbeda," tutur Anies.

Aksi Anies Baswedan ini dikritik oleh sejumlah pihak. Beberapa pihak mengatakan pamer capaian di tengah banjir yang merendam ibu kota dianggap tak elok.

Tonton video 'Tinjau Kali Sunter, Anies Baswedan Klaim Banjir Lebih Terkendali':

[Gambas:Video 20detik]



Simak di halaman berikutnya >>>