Bantu Percepat Vaksinasi Corona, TNI Siapkan 11 Ribu Vaksinator

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 11:13 WIB
Apel persiapan vaksinator di Mabes TNI (Azhar-detikcom)
Apel persiapan vaksinator di Mabes TNI. (Azhar/detikcom)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin apel gelar kesiapan tenaga vaksinator dan tracer virus Corona atau COVID-19. Hadi mengatakan TNI bakal mengerahkan 11 ribu vaksinator untuk membantu mempercepat vaksinasi Corona di Indonesia.

"Apel ini menjadi bukti komitmen TNI mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan PPKM skala mikro di Jawa dan Bali," ucap Hadi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (9/2/2021).

Hadi mengatakan TNI akan mengerahkan 27.866 personel Babinsa, 1.768 personel Babinpotmar dan 102 personel Babinpotdirga di tujuh provinsi di Jawa dan Bali untuk membantu penerapan PPKM skala mikro. Dia kemudian menyebut ada sekitar 11 ribu vaksinator yang disiapkan TNI untuk membantu vaksinasi.

Dia menyebut TNI telah memiliki 1.008 orang vaksinator yang terverifikasi. Nantinya, para vaksinator itu bakal melatih 10.000 orang vaksinator baru.

"Sebelum diterjunkan di wilayahnya masing-masing, para Babinsa Babinpotmar dan Babinpotdirga akan diberi pelatihan menjadi tracer COVID-19 sehingga, di samping bertugas sebagai penegak disiplin protokol kesehatan, para prajurit TNI tersebut dapat membantu pemerintah untuk melaksanakan tracing COVID-19 di tengah masyarakat," ucap Hadi.

Hadi mengatakan TNI juga menyiapkan tempat untuk membantu pemerintah menyimpan vaksin Corona. Coolbox itu sudah didistribusikan ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut TNI di 7 provinsi yang menerapkan PPKM skala mikro.

"TNI juga telah menyiapkan perangkat coolbox yang telah didistribusikan ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut TNI termasuk di 7 provinsi yang menjadi titik berat PPKM skala mikro dan vaksinasi," katanya.

"Diharapkan dengan kesiapan SDM dan fasilitas kesehatan tersebut, TNI dapat mendukung program yang telah dicanangkan oleh Bapak Presiden beberapa waktu yang lalu," sambung Hadi.

Tonton video 'Jokowi Siapkan 5.000 Vaksin Covid-19 Untuk Wartawan':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)