Polisi Usut Viral Foto Diduga Hina Pesantren Musthafawiyah di Sumut

Ahmad Arfah - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 09:49 WIB
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi
Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi (Foto: dok. Istimewa)
Medan -

Sejumlah foto yang diduga menghina Pesantren Musthafawiyah Purba Baru di Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut), viral. Polisi turun tangan mengusut pembuat dan penyebar foto-foto itu.

Dilihat detikcom, Selasa (9/2/2021), dalam foto-foto viral itu, terlihat seorang pria yang sedang menggendong anak berfoto di depan pesantren Musthafawiyah Purba Baru. Wajah si pria terlihat diganti dengan wajah anjing.

Ada juga foto kepala anjing yang diletakkan di dalam foto pesantren. Terlihat juga kata-kata hinaan yang dituliskan di dalam foto.

Di foto lainnya, terlihat foto orang yang wajahnya diedit menjadi wajah tokoh Cu Pat Kai. Selain itu, ada kalimat 'guru guru nya dukun santet' yang dituliskan dalam foto itu.

Foto-foto tersebut dihapus dan akun pengunggahnya juga sudah dinonaktifkan. Meski demikian, tangkapan layar atau screenshot foto dan akunnya telah tersebar.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan pihaknya sedang melakukan penyelidikan soal foto viral ini. Proses penyelidikan ini dilakukan Polres Madina.

"Sedang diselidiki Polres Madina," kata Hadi di Kelenteng Gunung Timur, Medan.

Lihat juga video 'Abu Janda Akui Hina Cara Berpikir Natalius Pigai':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)