Ormas Bentrok Gegara Sengketa Tanah di Jagakarsa Jaksel, 13 Orang Diamankan

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 19:40 WIB
ilustrasi tawuran
Ilustrasi bentrokan. (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Dua kelompok ormas terlibat bentrokan di Aselih, Jagakarsa, Jakarta Selatan, sore tadi. Belasan orang diamankan terkait kejadian itu.

"(Yang diamankan) 13 orang, (dari kelompok) PP 3 orang, anak Ambon 10 orang," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Jimmy Christian Samma dalam keterangan kepada wartawan, Senin (8/2/2021).

Jimmy menyebut bentrokan tersebut terjadi pada pukul 16.30 WIB sore tadi. Situasi di lokasi saat ini sudah kondusif.

"Ormas PP dan masyarakat versus sekelompok orang diduga dari komunitas Ambon," terang Jimmy.

Menurut Jimmy, bentrokan terjadi karena perselisihan sengketa tanah yang diperebutkan kedua belah pihak. Dia menyebut saat ini kasus sengketa tanah itu masih berproses di pengadilan perdata.

"Ribut itu masalah tanah di sana. Biar nggak pecah aja kita amankan, kita bawa ke sini biar nggak pecah," ujar Jimmy.

Saat ini ketiga belas orang tersebut masih diperiksa oleh kepolisian. Polisi kini masih menggali keterangan dari para pihak yang terlibat.

Ia menambahkan permasalahan serupa pernah terjadi namun sudah diselesaikan. Belum diketahui apa yang menyebabkan kedua kelompok ini kembali terlibat bentrokan.

"Ini kita coba periksa aja terkait apa sih sebenarnya itu kenapa sampai seperti itu. Karena dulu sudah pernah diselesaikan. Katanya kedua belah pihak kan menunggu hasil sidang," pungkas Jimmy.

(ygs/mea)