Bagaimana Cara Melaksanakan Shalat Sunnah Istisqo?

Puti Yasmin - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 15:15 WIB
Sholat
Foto: iStock/Bagaimana Cara Melaksanakan Shalat Sunnah Istisqo?
Jakarta -

Sholat Istisqo adalah sholat sunnah yang dilakukan untuk meminta kepada Allah SWT agar diturunkan hujan. Sholat ini dilakukan ketika terjadi kekeringan atau musim kemarau berkepanjangan sehingga sumur dan sungai menjadi kering.

Dikutip dari Kitab Fiqhul Islam wa Adillathuhu karya Syekh Wahbah Az Zuhaili, mayoritas ahli fikih berpendapat bahwa hukum sholat sunnah istisqa adalah sunnah muakkadah. Sholat sunnah Istisqa boleh dilakukan berulang kali sampai Allah SWT menurunkan hujan ke bumi. "Karena Allah SWT menyukai orang-orang yang serius dalam berdoa," demikian tulis Syekh Wahbah.

Dalil Sholat Istisqa

Ada sejumlah hadits yang menjadi dalil sholat Istisqa. Salah satunya diriwayatkan dalam hadits riwayat al-Bukhari dari Abdullah ibn Zaid:

"Bahwa Nabi Muhammad SAW pernah keluar menuju tempat sholat kemudian melaksanakan sholat istisqa (meminta hujan). Beliau menghadap kiblat dan membalik posisi bajunya, lalu beliau melaksanakan sholat dua rakaat."

  • Waktu Pelaksanaan Sholat Istisqa

Dikutip dari buku 'Panduan Praktis dan Lengkap Menuju Kesempurnaan Salat' karya Ust. Abu Sakhi shalat sunnah Istisqo adalah sholat yang dilakukan untuk memohon hujan kepada Allah SWT.

Hukum shalat istisqa adalah sunnah mu'akkadah atau sangat dianjurkan. Sholat ini dilakukan ketika terjadi kekeringan atau musim kemarau berkepanjangan sehingga sumur dan sungai menjadi kering.

Adapun, waktu pelaksanaannya adalah ketika matahari mulai beranjak naik setinggi satu anak panah atau sepertiga jam setelah terbitnya matahari (seperti pelaksanaan sholat Id. Dianjurkan untuk melaksanakan sholat Istisqo di lapangan terbuka.

  • Bagaimana cara melaksanakan shalat sunnah Istisqa?

Sebelum melaksanakan shalat Istisqa kita dianjurkan untuk berpuasa selama tiga hari berturut-turut. Kemudian, dianjurkan juga untuk bertobat dan berbuat baik semampunya, seperti bersedekah dan lain-lain.

Kemudian, seluruh penduduk diminta untuk keluar rumah dan berkumpul di tempat yang lapang. Sebaiknya memakai pakaian sehari-hari, tidak berhias dan tidak memakai wewangian, serta memperbanyak istigfar.

Tata Cara Shalat Istisqa Sesuai Sunnah

1.Sholat sunnah Istisqo terdiri dari dua rakat, tanpa adzan dan iqamah. Disunnahkan mengeraskan bacaan

2. Pelaksanaan sholat Istisqo sama seperti sholat Id. Rakaat pertama melakukan takbir sebanyak 7 kali dilanjutkan membaca ta'awudz dan doa iftitah. Rakaat kedua takbir sebanyak lima kali dan membaca ta'awudz.

Setelah sholat, khatib akan membaca khutbah. Pada khutbah shalat Istisqa pertama adalah membaca istigfar sebanyak 9 kali dan pada khutbah kedua membaca istigfar sebanyak 7 kali.

  • Setelah sholat membaca doa shalat Istisqa

Arab:

Doa Shalat IstisqaDoa Shalat Istisqa Foto: istimewa

Artinya: Ya Allah, siramilah kami dengan hujan yang menyelamtkan, menikmatkan, menyenangkan, menyuburkan, mengalirkan ke segenap penjuru, banyak air dan kenaikan, memenuhi sungai-sungai dan selalu mengalir meratakan hingga hari kiamat. Ya Allah, tumpahkan lah hujan kepada kami dan jangan lah Tuhan jadikan kami orang-orang yang berputus asa.

Sahabat Hikmah, sudah paham bagaimana cara melaksanakan shalat sunnah Istisqo?

(pay/erd)