Eks Sekretaris FPI Sulsel: 19 Terduga Teroris di Makassar Bukan Anggota Kami

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 14:11 WIB
Ahmad Aulia (30), terduga teroris yang juga simpatisan FPI mengaku berbaiat ke ISIS.
Ahmad Aulia (30), terduga teroris yang juga simpatisan FPI. (Screenshot Video)
Makassar -

Eks Sekretaris FPI Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Salim membantah 19 terduga teroris asal Makassar yang melakukan baiat kepada ISIS merupakan anggota FPI Sulsel. Agus mempertanyakan kartu keanggotaan 19 terduga teroris tersebut.

"Jadi perlu saya tegaskan kembali bahwa ke-19 orang itu tidak ada kaitannya dengan FPI, itu hanya pengakuan saja, yang jelas tidak ada satupun di antara mereka yang sebagai anggota FPI," kata eks Sekretaris FPI, Agus Salim, saat dimintai konfirmasi, Senin (8/1/2021).

Agus mengatakan seorang yang menjadi FPI harus memiliki kartu tanda anggota. Dia menyangsikan 19 orang terduga FPI memilikinya. Apalagi untuk menjadi anggota FPI saat itu harus menyelesaikan beberapa persyaratan.

"Anggota FPI itu punya kartu identitas Front, coba ditanyakan ke mereka KTA Front-nya mereka ada tidak? Itu dikeluarkan oleh DPC seperti itu," sebutnya.

Dia mengatakan untuk menjadi anggota FPI, seseorang harus mengikuti 12 kali taklim dan akan dievaluasi. Tidak hanya itu, mereka harus mengikuti minimal 5 kali kegiatan hisbah.

"Kalau sekadar ikut taklim polisi banyak yang ikut karena taklim di jalanan terbuka, pasang kursi orang lewat singgah ikut taklim, polisi banyak yang ikut, kami biarkan saja karena kita sajikan materi umum," terangnya.

Dikatakannya, proses pembaiatan memang ada di FPI tetapi bukan baiat kepada ISIS. Seseorang yang akan menjadi anggota FPI akan dibait untuk patuh kepada pimpinan FPI.

"Kita baitan kepada pimpinan FPI bukan kepada ISIS. dibaiat untuk kemudian taat kepada imam selama taat kepada Allah dan Rasulnya," sebut dia.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Pengakuan Simpatisan FPI Makassar soal Munarman Hadiri Baiat ISIS':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2