Banjir Mulai Surut, Lalu Lintas di Jalan Jatinegara Barat Dialihkan

Rahmat Fathan - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 10:59 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo pantau lokasi banjir di Jalan Jatinegara Barat
Polisi mengatur lalu lintas di lokasi banjir Jalan Jatinegara Barat, Jatinegara, Jakarta Timur. (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Banjir di Jalan Jatinegara Barat, Jatinegara, Jakarta Timur, pagi ini belum surut. Petugas kepolisian melakukan pengalihan arus hingga contraflow untuk mengatasi kemacetan di lokasi.

"Untuk pengalihan memang tidak kita tutup total. Jadi yang dari arah Kampung Melayu menuju ke Jatinegara di depan pertigaan Santa Maria kita belokkan ke kanan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di lokasi, Senin (8/2/2021).

Selepas itu, kendaraan dari arah Kampung Melayu dimasukkan ke depan Polres Jakarta Timur dan diberlakukan contraflow.

Dalam kesempatan yang sama, Kasat Lantas Jakarta Timur Kompol Telly mengatakan bahwa banjir di lokasi mulai surut. Petugas telah melakukan penyedotan air dengan menggunakan pompa.

"Semalam (ketinggian genangan) 10 sentimeter sampai dengan pagi tadi naik dari 5-10 cm. Sekarang sudah turun karena dibantu penyedotan air, namun lalin masih cukup padat," kata Telly.

Total ada 300 petugas gabungan di lokasi yang disiagakan untuk mengatur lalu lintas. Meski kondisi padat, Telly mengatakan arus lalu lintas masih mengalir.

"Di sini kita lihat walaupun padat mengalir terus. Semua sudah ada Dishub dan dibantu Polres Metro Jakarta Timur. Tim gabungan di sini kurang-lebih 300 orang dari damkar, Dishub, dan Polres Metro Jakarta Timur," tutur Telly.

Telly menambahkan, banjir terjadi karena intensitas hujan tinggi semalam. Debit air di Kali Ciliwung pun meluap sehingga mengakibatkan banjir.

"Banjir ini luapan dari Kali Ciliwung, karena Katulampa masih tinggi. Semoga dengan ketinggian 5 cm di jalur lambat semoga bisa mulai turun," tandasnya.

(mea/fjp)