636 Orang Ikuti Pelatihan dan Sertifikasi di Kementerian ESDM

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 06 Feb 2021 18:31 WIB
Gedung Kementerian ESDM
Foto: ESDM
Jakarta -

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) menggelar pelatihan dan sertifikasi secara luring dan daring. PPSDM Migas menggunakan metode blended learning yaitu inovasi penggunaan Learning Management System (LSM) Moodle, melalui zoom meeting dan penugasan mandiri.

PPSDM Migas juga menggelar kegiatan offline dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Pada setiap kegiatan offline, peserta diwajibkan untuk menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, mengecek suhu tubuh serta membawa hasil rapid antigen untuk diserahkan ke Pos Security sebelum memasuki area PPSDM Migas.

Meskipun digelar online dan offline, Kepala Sub Bidang Standardisasi Pengembangan SDM PPSDM Migas, Ali Supriada mengatakan baik pelatihan dan sertifikasi tetap mendapatkan antusiasme besar dari para peserta.

"Target awal peserta di tahun 2020 sebanyak 10.000 peserta, namun ternyata pada 2020, masih dalam suasana pandemi dengan berbagai inovasi yang kita ciptakan, kita mendapat 15.009 peserta. Suatu pencapaian yang luar biasa. Sehingga di tahun 2021 kami memberi target sebesar 14.000 peserta, dan ternyata antusias peserta juga sangatlah tinggi. Masih di bulan Januari 2021 saja ternyata sudah ada 636 orang yang mengikuti sertifikasi di LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) PPSDM Migas," ujar Ali dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/2/2021).

Ali mengatakan jumlah tersebut menjadi bukti bahwa peserta sertifikasi tetap antusias dan mempercayai LSP PPSDM Migas dalam meningkatkan kompetensi profesi di sektor migas. Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan kualitas pelayanan agar semakin terpercaya. Dengan begitu, PPSDM migas dapat mencapai target peserta sertifikasi sertifikasi di akhir tahun 2021.

Sebagai informasi, pada akhir tahun 2020, PPSDM Migas mendapatkan predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) dari Kementerian PAN RB sebagai bukti kualitas pelayanan di PPSDM Migas. Di samping itu, predikat WBBM juga menjadi bukti bebasnya PPSDM dari berbagai macam konflik kepentingan, profesionalisme dalam melakukan kegiatan di tengah pandemi.

(prf/ega)