Kapolri Jenderal Sigit Beri Penghargaan Personel-Pecalang Bali Berprestasi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 06 Feb 2021 16:32 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto cek prokes di Bali
Kunjungan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mengecek penerapan protokol kesehatan di Bali (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan penghargaan kepada dua personel Polda Bali. Sebagai apresiasi penghargaan, dua anggota yang berprestasi itu diberi pendidikan sekolah perwira

Dua anggota tersebut adalah Aiptu I Nyoman Ardana dan Aipda I Nengah. Penghargaan diberikan karena mereka telah membuat program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat di sana.

"Mudah-mudahan ini bisa memicu atau memotivasi personel Polri yang lain dalam melaksanakan tugas sebagai pemelihara kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat," kata Jenderal Sigit di sela kunjungannya ke Polda Bali seperti dikutip dalam keterangannya, Sabtu (6/2/2021).

Kapolri Jenderal Sigit juga meminta kepada seluruh personel Polda Bali berlomba-lomba meraih prestasi sesuai dengan bidang tugasnya. Dia juga ingin agar jajaran Polda Bali terus bersatu untuk menekan angka penularan COVID-19 dan menjalankan 16 program yang sudah diprioritaskan.

"Polri dan masyarakat harus bersatu di tengah pandemi ini sesuai seperti apa yang sudah saya tuangkan dalam 16 program prioritas, pada poin kelima, yaitu pemantapan kinerja peliharaan kamtibmas," ujarnya.

Aiptu I Nyoman Ardana diketahui bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Kelurahan Ubung, Denpasar, Bali. Program bermanfaat yang dibuatnya adalah Caling atau Baca Keliling.

Aiptu Nyoman mengumpulkan buku bekas dari bank sampah yang kemudian disebar ke sekolah-sekolah yang ada di desa binaan. Pihak sekolah yang didatangi Caling juga mengapresiasi program tersebut.

Sementara itu, Aipda I Nengah Suardika bertugas di Unit Reskrim Polsek Blahbatuh. Dia mendapat penghargaan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo lantaran membuat laporan BLC (Bersatu Lawan COVID) terbanyak sejumlah 106.115 laporan.

Masyarakat yang melanggar protokol kesehatan COVID-19 di pasar, lapangan sepakbola, hingga pantai diberi teguran oleh Ipda I Nengah Suardika. Dari teguran tersebut, Ipda Megah kemudian mencatat dan dilaporkan ke aplikasi BCL.

Selain memberikan penghargaan kepada dua anggota Polda Bali, Jenderal Sigit memberikan penghargaan kepada dua pecalang Bali. Pecalang itu diberi penghargaan karena dinilai bermanfaat untuk masyarakat dan membantu tugas aparat Kepolisian di sana.

Mereka adalah Putu Soma Antara dan I Nyoman Sukanada. Putu Soma diberi penghargaan karena membantu kegiatan personel Bhabinkamtibmas. Sedangkan I Nyoman Sukanda diberi reward lantaran bersinergi dalam program baca keliling atau Calling kegiatan mengumpulkan buku-buka bekas.

(hel/hel)