Tim Gabungan Kepung Lokasi Harimau Lepas Sinka Zoo yang Masih Berkeliaran

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 06 Feb 2021 13:11 WIB
harimau
Ilustrasi (Foto: dok. Thinkstock)
Jakarta -

Satu dari dua harimau Sinka Zoo yang lepas dilumpuhkan petugas gabungan hingga mati. Satu lagi masih diburu. Petugas saat ini sudah mengepung sekitar lokasi lepasnya harimau tersebut.

"Untuk saat ini tim gabungan dari BKSDA Kota Singkawang, Sintang, dan provinsi, Kodim 1202 Singkawang, dan Polres Singkawang telah berada di lokasi sekitar tempat lepasnya dua harimau tersebut sejak kemarin sore," kata Dandim 1202/Skw Letkol (Inf) Condro Edi Wibowo saat dihubungi, Sabtu (6/2/2021).

"Saat ini sedang melaksanakan penanganan dan pencarian," sambungnya.

Letkol Condro Edi Wibowo mengatakan tim gabungan ini terdiri atas Kodim 1202 Singkawang, Polres Singkawang, hingga pihak BKSDA Kalbar. Dia mengimbau warga, khususnya di sekitar lokasi, meningkatkan kewaspadaan tapi tetap tenang dan tidak panik.

Kepala BKSDA Kalimantan Barat Sadtata Noor Adirahmanta juga sudah melaporkan penanganan dua harimau Sinka Zoo yang lepas ini kepada Menteri LHK Siti Nurbaya pagi tadi.

"Dalam mengatasi kejadian ini, BKSDA Kalimantan Barat telah melakukan berbagai upaya, antara lain berkoordinasi dengan berbagai pihak, antara lain pihak pengelolaan Sinka Zoo Singkawang, pemda Singkawang, kepolisian, dan TNI," ujarnya.

BKSDA Kalbar juga telah menurunkan Tim Wildlife Rescue Unit, yang di dalamnya tergabung dokter hewan, baik dari BKSDA Kalbar, Dinas Pangan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan, maupun dari Yayasan Penyelamatan Orangutan Sintang.

"Saat ini tim gabungan bersama TNI-Polri dan pihak terkait dalam posisi stand by sambil mencari alternatif penanganan terbaik bagi keselamatan masyarakat sekitar dan kedua harimau di lokasi kejadian termasuk upaya-upaya penyelamatan serta mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

"Melalui media sosial, BKSDA Kalbar sudah memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar untuk sementara tidak beraktivitas di luar rumah, selalu waspada dan berhati-hati, serta melaporkan jika ada informasi dan perkembangan terkait lepasnya dua harimau ini ke call center," sambungnya.

Informasi terakhir, satu dari dua harimau yang lepas sudah dilumpuhkan petugas dan dalam keadaan mati. Satu lagi masih diburu oleh petugas gabungan.

"Ada dua harimau yang lepas. Satu yang berwarna cokelat sudah berhasil dilumpuhkan dalam keadaan mati. Masih satu lagi yang warna putih sedang dicari oleh tim gabungan. Kalau yang sudah mati ditemukan di sekitar kebun binatang," kata Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Donny Charles Go saat dimintai konfirmasi, Sabtu (6/2).

Tonton Video: Harimau Sumatera Terjerat Perangkap di Aceh Tenggara, Kondisinya Lemah!

[Gambas:Video 20detik]



(hri/jbr)