Satu Harimau Lepas Sinka Zoo Mati Dilumpuhkan, Satu Masih Dicari

Jabbar Ramdhani - detikNews
Sabtu, 06 Feb 2021 12:27 WIB
Harimau Sumatera yang sempat gegerkan warga karena nongkrong di pinggir jalan di Kabupaten Solok, Sumbar, ditangkap. Berikut penampakannya.
Ilustrasi harimau (ANTARA FOTO/Adi Prima)
Jakarta -

Dua ekor harimau di Kebun Binatang Sinka Zoo, Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar), lepas dari kandangnya. Satu harimau dilumpuhkan petugas hingga mati.

"Ada dua harimau yang lepas. Satu yang berwarna cokelat sudah berhasil dilumpuhkan dalam keadaan mati," kata Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Donny Charles Go saat dimintai konfirmasi, Sabtu (6/2/2021).

Petugas gabungan masih mencari seekor harimau lainnya. Tim gabungan terdiri atas TNI-Polri, BKSDA, dan tim dari Sinka Zoo.

"Masih satu lagi yang warna putih sedang dicari oleh tim gabungan. Kalau yang sudah mati ditemukan di sekitar kebun binatang," kata Kombes Donny.

Sebelumnya, pengurus Sinka Zoo, Elka Surya, membenarkan info dua harimau lepas kemarin. Dia mengatakan kandang harimau jebol karena adanya longsor akibat hujan yang mengguyur selama beberapa hari.

"Hujan yang mengguyur selama beberapa hari terakhir mengakibatkan longsor di dekat kandang harimau. Dan akhirnya dua harimau kabur," ungkap Elka, Jumat (5/2).

Menurutnya, petugas sudah berusaha mencegahnya, namun seorang petugas diserang oleh harimau hingga tewas.

"Saat ini kami sudah dibantu oleh pihak polisi dan TNI di lapangan. Semoga dua harimau tersebut dapat ditangkap kembali," tutupnya.

Simak Video "Harimau Sumatera Terjerat Perangkap di Aceh Tenggara, Kondisinya Lemah!":

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/tor)