Tekan COVID-19, Polda-Pemprov Maluku Utara Gelar Lomba Kampung Tangguh

Kadek Melda - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 23:38 WIB
Peresmian lomba kampung tangguh oleh Polda-Pemprov Maluku Utara
Peresmian lomba kampung tangguh oleh Polda-Pemprov Maluku Utara. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Polda dan Pemprov Maluku Utara menggelar lomba Kampung Tangguh 2021. Lomba ini digelar untuk sekaligus menekan penyebaran virus Corona (COVID-19) di wilayah Maluku Utara.

Acara peresmian lomba itu berlangsung di Desa Diri, Kecamatan Ternate Selatan, Maluku Utara, Jumat (5/2/2021). Hadir dalam peresmian, Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba, Kapolda Maluku Utara Irjen Risyapudin Nursin serta jajaran TNI-Polri setempat. Peresmian ini juga dilakukan secara serentak di 8 Kabupaten dan 2 Kota Madya di Maluku utara secara virtual.

"Kampung tangguh yang terawaki oleh Babinkamtibmas sebanyak 368 desa, dan saat ini di-launching Perlombaan Kampung Tangguh yang diikuti oleh 23 Desa/Kelurahan, dengan tujuan untuk merangsang dan memotivasi pemangku kepentingan, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Lurah maupun Kepala Desa untuk bersama-sama masyarakat membangun kampung tanggung di daerahnya," kata Irjen Risyapudin melalui keterangan tertulis.

Risyapudin menyampaikan panitia memiliki beberapa kriteria yang akan dijadikan penilaian untuk menentukan pemenang dalam perlombaan tersebut. Kriteria itu dilihat dari penerapan protokol kesehatan serta kemampuan mitigasi yang baik.

"Perlombaan kampung tangguh Kieraha yakni dilakukan lomba lingkungan sehat Kieraha 2021 dan aspek yang perlu diperhatikan dan dijadikan sebagai parameter penilaian yaitu lingkungan yang mempunyai protokol Kesehatan dan mempunyai kemampuan mitigasi segala aspek yang ada di lingkungannya masing-masing," ujarnya.

"Walaupun bentuknya berbeda-beda sesuai kebutuhan, namun setidaknya ada 4 ( empat ) hal yang menjadi basis penilaian yaitu sosialisasi, preventif, kuratif dan keamanan," sambungnya.

Lebih lanjut, Risyapudin berharap dengan digelarnya lomba ini dapat menekan penyebaran COVID-19. Selain itu, masyarakat diharapkan terus dapat menerapkan protokol kesehatan 5M di lingkungan masing-masing.

"Melalui lomba lingkungan sehat ini diharapkan setiap lingkungan sudah mampu menerapkan protokol kesehatan 5 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas) untuk menekan terjadinya penyebaran COVID-19 di 10 lingkungan masing-masing, sehingga melalui Perlombaan, akan ada semangat berkreativitas dengan partisipasi yang lebih baik dari masyarakat," imbuhnya.

Tidak hanya peresmian lomba kampung tangguh Kieraha, acara ini juga sekaligus menggelar bakti sosial dan panen raya ikan nila di Danau Laguna Ternate yang merupakan budidaya ikan nila terbesar yang ada di Kota Ternate. Adapun bantuan sosial yang diserahkan saat peresmian yakni profil tank, plastik pertanian mulsa, polimer, bibit cabai, bibit sayuran, 500 masker kesehatan, 1.000 masker kain, 60 botol hand sanitizer, 5 karung makan ikan, 1 unit alat semprot, 1 dus sabun cuci, 5 dus vitamin C, dan 250 kg beras. (eva/eva)