Dukung UMKM, Tokopedia Gelar Festival Produk Lokal Kota Batu 2021

Erika Dyah - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 09:45 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia bekerja sama dengan Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan menggelar Festival Produk Lokal Kota Batu 2021. Festival ini digelar di marketplace Tokopedia dalam rangka mendorong kemajuan produk Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu Eko Suhartono menyampaikan pandemi yang berkepanjangan sejak tahun 2020 lalu menyebabkan perekonomian di Kota Batu mengalami penurunan.

Oleh karena itu, Ia berharap festival ini dapat menjadi dukungan bagi pelaku UMKM untuk bertahan dan berevolusi. Menurut Eko, pembeli disuguhi dengan berbagai kemudahan belanja dan penawaran menarik melalui platform Tokopedia dalam kerja sama ini.

"Adanya pandemi ini menyebabkan terjadinya pergeseran pemasaran dari konvensional ke media digital, festival ini menjadi media UMKM Kota Batu untuk membuka peluang pemasaran yang lebih luas," kata Eko dalam keterangan tertulis, Jumat (5/2/2021).

Dalam kesempatan ini Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko turut menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini. Ia pun berharap pendapatan UMKM Kota Batu dapat meningkat dan terus bertumbuh.

"Alhamdulillah, hari ini Pemkot Batu bersama Tokopedia mengadakan kerja sama sebagai upaya menjadikan UMKM Kota Batu lebih luas lagi, tidak hanya nasional bahkan bisa internasional," ujar Dewanti.

Tak hanya itu, Dewanti pun memborong beberapa produk makanan UMKM Kota Batu. Mulai dari keripik tempe, wedang pokak, minuman sari buah, dan lainnya.

Secara simbolis Dewanti menerima paket pesanan yang telah dibeli melalui jasa ekspedisi. Ia pun berharap semua kemudahan ini dapat membantu UMKM di Kota Batu untuk terus bertumbuh.

"Saya harap, kualitas, harga dan pelayanan UMKM dapat terus dijaga, sehingga pembeli bisa tetap puas dengan barang yang telah dipesan," tuturnya.

Sebagai informasi Festival Produk Lokal Kota Batu digelar mulai dari 1 hingga 5 Februari 2021. Festival ini menampilkan ratusan produk berkualitas dari puluhan UMKM lokal Kota Batu.



Simak Video "Pemerintah Terus Dukung UMKM Lewat Program Pemulihan Ekonomi Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)