Abu Janda Dicecar 20 Pertanyaan soal Dugaan Rasisme ke Natalius Pigai

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 15:07 WIB
Jakarta - Permadi Arya atau Abu Janda baru saja menyelesaikan pemeriksaan terkait cuitannya di Twitter yang berbau rasisme ke Natalius Pigai di Bareskrim siang ini. Abu Janda diperiksa selama 3 jam lebih dan dicecar 20 pertanyaan oleh penyidik.

"Saya jadi baru selesai pemeriksaan sekitar 4-5 jam, 20 pertanyaan sama kuasa hukum saya Bang Arif sama Mas Dedi. Jadi ternyata hari ini saya baru diperiksa dalam rangka interview," ujar Abu Janda di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (4/2/2021).

Bahkan, Abu Janda mengaku tidak mengerti kenapa yang melaporkan dirinya bukan Natalius Pigai, melainkan pihak lain.

"Jadi ini masih dalam proses lidik interview untuk pelapor yang ternyata pelapornya masih itu-itu juga. Saya juga nggak ngerti ini urusan saya sama Bang Pigai tapi kok yang ngelaporin ini itu bukan Bang Pigai gitu, saya juga nggak ngerti," tukasnya.

Abu Janda membeberkan apa saja yang dia jelaskan ketika diperiksa polisi di dalam. Dia membela dirinya dengan mengatakan tweet-nya itu bermula dari tweet Natalius Pigai yang menghina mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Hendropriyono.

"Menyangkut pertanyaan, saya kepada Bang Pigai jadi saya udah jelasin ke pak polisi bahwa yang tidak disertakan dalam yang viral itu adalah bahwa tweet saya itu bermula dari tweet-nya Natalius Pigai yang menghina seorang jenderal yang sudah senior purnawirawan yang sangat berjasa bagi negeri ini," jelas Abu Janda.

"Dia menghina dengan sangat keji dan bahkan body shaming. Dia bilang, 'apa kapasitas kau dedengkot tua?'. Dia bilang begitu," tambahnya.

Hingga saat ini, Abu Janda memastikan dirinya belum akan dipanggil lagi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pasalnya, dia juga baru dipanggil untuk sekadar mengklarifikasi. Abu Janda sendiri pergi meninggalkan Bareskrim pada pukul 13.54 WIB.

"Belum, kalau panggilan berikutnya belum. Balik lagi ya ini masih dalam proses lidik, interview. Saya dipanggil dalam rangka klarifikasi," tandasnya.

Sebelumnya, Abu Janda memenuhi panggilan Bareskrim Polri pagi ini. Dia akan menjalani pemeriksaan terkait cuitan yang diduga rasisme ke Natalius Pigai.

Pantauan detikcom, Kamis (4/2), Abu Janda tiba di Bareskrim pada pukul 09.51 WIB. Dia datang ditemani beberapa orang.

Abu Janda datang dengan mengenakan hoodie berwarna biru dongker. Tak lupa blangkon hitam juga dia pakai di kepalanya, sama seperti ketika memenuhi panggilan Bareskrim pada Senin (1/2).

Kali ini Abu Janda tidak membawa tas ransel berisi pakaian. Dia hanya membawa tas selempang kecil warna hitam.

Meski demikian, Abu Janda enggan berkomentar banyak. Abu Janda hanya mengatakan dia adalah warga negara yang taat hukum yang hendak memenuhi panggilan polisi.

"Jadi, teman-teman, hari ini saya datang saya mau memusatkan seluruh pikiran dan tenaga buat diperiksa. Jadi mohon maaf aku nggak mau komentar apa-apa dulu. Kita tunggu hasilnya aja nanti. Aku cuma pengin bilang aku sebagai warga negara baik aku menjalani proses hukum, taat hukum, dan kooperatif. Nanti kita lihat ya," ujar Abu Janda kepada wartawan di lokasi. (dkp/dkp)