Fraksi Pengusul RUU PKS Desak KBBI Ubah Definisi 'Perempuan'

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 14:35 WIB
Kaos Ganti Penjelasan Kata Perempuan dalam KBBI.
Definisi perempuan di KBBI diprotes (Dok. Ika Vantiani)
Jakarta -

Definisi perempuan dalam KBBI ramai diperbincangkan sejumlah netizen karena dianggap memiliki konotasi negatif. Partai NasDem selaku salah satu pengusul RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) mendorong perubahan definisi perempuan dalam KBBI.

"Saya setuju terhadap usulan perubahan definisi perempuan dengan memberikan makna yang non-patriarkis dan non-seksis," kata Taufik Basari kepada wartawan, Rabu (4/2/2021).

Menurut Taufik, tim penyusun KBBI mendasarkan definisi 'perempuan' dengan konotasi negatif yang masih melekat dengan masyarakat.

"Dari penjelasan tim penyusun KBBI yang menyatakan bahwa tim ini mendasarkan kepada kenyataan di masyarakat yang melekatkan konotasi negatif kepada perempuan dan ini memang masih menjadi cerminan masyarakat kita," ujarnya.

Karena itu, menurut anggota Badan Legislasi DPR RI ini, tim penyusun KBBI memiliki tanggung jawab moral untuk melakukan perbaikan terhadap definisi 'perempuan' di KBBI. Ia berharap KBBI juga berkontribusi merekonstruksi pandangan sehingga tidak bias gender, partriarkis, ataupun seksis.

"Tetapi justru karena itulah maka tim penyusun KBBI memiliki tanggung jawab moral untuk melakukan dekonstruksi terhadap perspektif negatif tersebut dengan melakukan perbaikan definisi dalam KBBI sehingga KBBI juga dapat berkontribusi dalam merekonstruksi pandangan yang tadinya bias gender, partriarkis dan seksis menjadi pandangan yang lebih beradab dan bernilai kemanusiaan," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, viral di media sosial, vokalis Barasuara, Asteriska, melayangkan protes sambil memakai kaus yang berisi definisi kata perempuan di KBBI. Aster menilai definisi perempuan di KBBI negatif.

"Coba deh dicek isi kamus, penjelasan kata perempuan di situ negatif sekali dan tidak objektif," tulisnya pada caption-nya melalui akun Instagramnya, @asteriska_, yang dilihat detikcom, Selasa (2/2).

Definisi perempuan yang dipermasalahkan oleh Aster ialah sebagai berikut:

perempuan/pe·rem·pu·an/ n 1 orang (manusia) yang mempunyai vagina, dapat menstruasi, hamil, melahirkan anak, dan menyusui; wanita; 2 istri; bini: -- nya sedang hamil; 3 betina (khusus untuk hewan); bunyi -- di air, pb ramai (gaduh sekali);
-- geladak pelacur;
-- jahat 1 perempuan yang buruk kelakuannya (suka menipu dan sebagainya); 2 perempuan nakal;
-- jalan pelacur;
-- jalang 1 perempuan yang nakal dan liar yang suka melacurkan diri; 2 pelacur; wanita tuna susila;
-- jangak perempuan cabul (buruk kelakuannya);
-- lacur pelacur; wanita tuna susila;
-- lecah pelacur;
-- nakal perempuan (wanita) tuna susila; pelacur; sundal;
-- simpanan istri gelap;

(hel/gbr)