Komisi X DPR Minta Penerapan SKB 3 Menteri soal Seragam Sekolah Dipantau

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 06:07 WIB
Hetifah Sjaifudian Golkar
Foto: Hetifah Sjaifudian (Foto: Dok. Pribadi)
Jakarta -

Komisi X DPR RI mengapresiasi Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri mengenai aturan seragam sekolah. Komisi X DPR meminta agar penerapan aturan mengenai hak siswa memilih seragam dan atribut dengan kekhususan agama atau tidak ini dipantau dengan baik.

"Saya menyambut positif inisiatif dari Mendikbud, Mendagri dan Menag untuk menerbitkan SKB mengenai seragam sekolah yang menetapkan bahwa keputusan mengenakan atau tidak mengenakan atribut agama pada seragam terletak pada masing-masing peserta didik dalam semangat kebinekaan dan toleransi beragama," kata Wakil Ketua Komisi X, Hetifah Sjaifudian kepada wartawan, Rabu (3/2/2021).

"Tentu saja implementasinya harus dipantau dengan baik hingga satuan pendidikan paling bawah. Saya juga mengapresiasi bahwa Kemendikbud telah menyediakan hotline pengaduan. Saya harap dengan ini tidak akan ada lagi peserta didik yang dibatasi haknya untuk belajar karena permasalahan busana," imbuhnya.

Hetifah menegaskan bahwa sekolah harus menghargai perbedaan. Pimpinan Komisi X dari Fraksi Golkar itu juga menekankan bahwa institusi pendidikan harus menanamkan toleransi antarumat beragama.

"Kita harus menghormati perbedaan sesuai prinsip kita bernegara yaitu Bineka Tunggal Ika. Institusi pendidikan merupakan elemen penting untuk menanamkan nilai-nilai tersebut, dan oleh karenanya harus bersifat inklusif dan mengakomodir perbedaan, kepercayaan dan nilai-nilai dari setiap anak," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2