Kemnaker Gaet Martha Tilaar Kembangkan Obat dan Kosmetik Lewat BLK

Inkana Putri - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 21:05 WIB
Menaker Ida Fauziyah
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) menggandeng Martha Tilaar Group dalam pelatihan kerja di beberapa Balai Latihan Kerja (BLK).

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan kerja sama bertujuan untuk pengembangan jurusan pertanian, terutama dalam menghasilkan produk obat dan kosmetik.

"Kami akan terus kembangkan jurusan pertanian di beberapa BLK untuk obat dan kosmetik melalui kerja sama dengan PT Martha Tilaar yang sudah lama di bidang tersebut," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (3/2/2021).

Hal tersebut ia sampaikan saat mengunjungi Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Menurutnya, pengembangan jurusan pertanian diperlukan karena saat ini masyarakat membutuhkan imunitas dalam menghadapi pandemi. Melalui pengembangan ini, Ida berharap nantinya hasil pelatihan kerja dapat menghasilkan produk obat-obatan dari herbal maupun untuk bahan dasar kosmetik.

Selain itu, Kemnaker juga bekerja sama dengan Martha Tilaar untuk meningkatkan kompetensi SDM di lima destinasi wisata. Adapun kerja sama ini diwujudkan melalui pengembangan di beberapa jurusan seperti penata rias, salon, spa terapis dan lainnya. Ida menyebut ke depan jurusan hospitality tersebut juga akan terdapat di beberapa BLK Kemnaker.

"Kerja sama dengan Martha Tilaar ini sangat kami butuhkan. Martha Tilaar ini bisa menjadi referensi yang cukup baik, baik untuk meningkatkan kompetensi instruktur di beberapa BLK maupun untuk pengembangan modul-modul pelatihan," katanya.

Lebih lanjut Ida menjelaskan kerja sama ini bukan merupakan hal baru. Sebelumnya, Kemnaker juga telah melakukan beberapa kerja sama dengan Martha Tilaar berupa upgrading instruktur lembaga pelatihan kerja swasta, pelatihan calon kompetitor ASEAN Skills Competition (ASC), dan pelatihan keluarga serikat pekerja buruh.

Terkait kerja sama ini, Pendiri Martha Tilaar Group, Martha Tilaar menyatakan sinergi ini menjadi hal penting bagi pemerintah dan pengusaha karena dapat mendorong Indonesia lebih cepat menjadi negara maju.

"Kalau kita bisa bekerja bersama, berpartisipasi di dalam pendidikan, dalam pertanian, itu akan lebih cepat daripada sendiri-sendiri, kalau sudah bersatu, maka kita bisa cepat lagi," katanya.

Martha juga mengatakan Indonesia memiliki kekayaan alam dan SDM luar biasa, yang berpotensi membuat Indonesia menjadi negara maju. Oleh karena itu, ia mengimbau agar seluruh pihak turut mengelola kekayaan tersebut dengan baik.

"Kekayaan alam kita luar biasa, kebudayaan luar biasa, SDM kita juga luar biasa, tapi kalau tidak terdidik, tidak kompeten, maka akan kalah dengan negara-negara lain," pungkasnya.

(ega/ega)