Pemprov DKI Jakarta Evaluasi Uji Coba Flyover Tapal Kuda Jaksel

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 21:03 WIB
Flyover Tapal Kuda di wilayah Tanjung Barat dan Lenteng Agung mulai dibuka untuk uji coba. Proses uji coba akan dilakukan selama 3 hari ke depan.
Uji coba flyover tapal kuda. (Galih Pradipta/Antara Foto)
Jakarta -

Uji coba flyover tapal kuda di Lenteng Agung dan Tanjung Barat, Jakarta Selatan, telah berlangsung selama tiga hari. Pemprov DKI Jakarta sedang mengevaluasi pelaksanaan uji coba flyover ini bersama sejumlah pihak.

"Lagi dievaluasi. Nanti kita sampaikan setelah kita rapat evaluasi dengan SKPD (satuan kerja perangkat daerah) terkait," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho saat dihubungi, Rabu (3/2/2021).

Lebih lanjut Hari menuturkan, banyak hal yang perlu dievaluasi. Salah satunya mengenai pemantauan arus kendaraan akibat penyempitan jalur imbas pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) di sekitar flyover. Nantinya hasil evaluasi ini akan diumumkan di publik.

"Banyak sekali, termasuk arus kendaraan yang menuju ruas jalan yang bottle neck (penyempitan jalan), lampu flip-flop untuk tingkat kewaspadaan pengendara," jelasnya.

Sebagai informasi, uji coba flyover tapal kuda sendiri sudah berakhir. Uji coba dimulai selama tiga hari, mulai Minggu (31/1) pukul 08.00-21.00 WIB. Lalu Senin (1/2) dan Selasa (2/2) diberlakukan pukul 06.00-21.00 WIB.

Tujuan pembangunan flyover ini di antaranya adalah mengurangi kemacetan lalu lintas, meminimalisasi kecelakaan lalu lintas dengan kereta api, serta menghapus perlintasan sebidang kereta api.

Namun terdapat catatan yang perlu dibenahi selama uji coba berlangsung. Salah satunya, terjadi kemacetan dari Lenteng Agung mengacah ke Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Simak pantauan detikcom saat uji coba flyover tapal kuda di halaman berikutnya.