Top 5 News

Jokowi Minta PPKM Berlaku di RT/RW, RI Dilarang Masuk Arab Saudi

Inkana Putri - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 19:08 WIB
top 5 news februari 2020
Foto: detikcom
Jakarta - Presiden RI Joko Widodo meminta pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) diterapkan lebih efektif hingga tingkat RT/RW. Pemerintah menilai langkah tersebut merupakan hal tepat, terlebih beberapa provinsi telah mengalami perbaikan pada PKKM sebelumnya.

Di samping itu, Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan aturan larangan masuk kepada 20 negara termasuk Indonesia. Larangan ini tentunya mengakibatkan tertundanya kembali ibadah umrah tahun ini

Selain dua berita di atas, ada beberapa berita lainnya yang menjadi perbincangan hangat hari ini. Berikut Top 5 News edisi Rabu (3/2/2021).

1. Jokowi Minta PPKM Diterapkan hingga Tingkat RT/RW

Presiden RI Joko Widodo menilai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tidak efektif dalam menangani COVID-19. Oleh karena itu, Jokowi meminta agar pembatasan juga diberlakukan di tingkat lokal, mulai dari desa hingga RT/RW.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto pun mengatakan nantinya pembatasan akan melibatkan Satgas COVID-19 dari tingkat pusat hingga mikro, serta para aparat. Langkah ini dinilai tepat di Indonesia mengingat dari data PPKM, provinsi Jakarta, Jateng, dan Yogyakarta telah mengalami perbaikan.

Baca selengkapnya: Instruksi PPKM Hingga RT/RW

2. RI Dilarang Masuk Arab Saudi, Umrah Kembali Ditunda

Baru-baru ini, Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan aturan larangan masuk bagi 20 negara, termasuk Indonesia. Larangan ini pun mengundang keprihatinan karena berdampak terhadap tertundanya ibadah umrah 2021.

Adapun larangan ini kemungkinan disebabkan karena jumlah kasus COVID-19 yang melonjak di Indonesia. Sebelumnya, umroh juga sempat tertunda pada 21 Desember 2020 saat ditemukan jenis baru virus Corona yang dikhawatirkan berdampak pada penyebaran COVID-19 di Arab Saudi.

Baca selengkapnya: Umroh Ditunda Karena RI Dilarang Masuk Arab Saudi

3. Heboh Transaksi Pakai Dinar-Dirham, Pendiri Pasar Muamalah Ditangkap

Pendiri Pasar Muamalah di Depok, Zaim Saidi kini telah ditangkap oleh Bareskrim Polri pada Selasa (2/2). Penangkapan ini bermula dari viralnya Pasar Muamalah di media sosial karena melayani jual-beli menggunakan mata uang asing dinar dan dirham.

Meskipun demikian, Zaim sempat membantah adanya transaksi menggunakan mata uang asing. Ia pun menyebut penggunaan dinar dan dirham hanya istilah dan dilakukan untuk memperkenalkan alat tukar sunnah.

Baca selengkapnya: Transaksi Dinar-Dirham di Depok

4. PD Ungkap DPR Dijanjikan Rp 100 Juta untuk Dana Operasi Kudeta

Ketua Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron, mengungkap Dewan Pimpinan Cabang PD dijanjikan uang Rp 100 juta untuk operasi 'kudeta' melengserkan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Namun hingga saat ini, Partai Demokrat masih mencari tahu asal muasal dana tersebut. Diduga kudeta ini melibatkan pejabat Istana dengan mencoba mempengaruhi 360 kader partai pemegang hak suara untuk mengganti jabatan AHY.

Baca selengkapnya: 100 Juta untuk Operasi Kudeta

5. MU Menang Telak 9-0 Lawan Southampton

Manchester United menang telak 9-0 kala menjamu Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Rabu (3/2/2021) dini hari WIB. Usai Alexandre Jankewitz mendapat kartu merah di menit kedua, Southampton bermain dengan 10 pemain. Kesempatan ini pun dimanfaatkan maksimal oleh Setan Merah untuk mencetak gol.

Pada babak pertama, Man Utd berhasil menang 4-0 lewat cetakan gol Aaron Wan-Bissaka, Marcus Rashford, Jan Bednarek (bunuh diri), serta Edinson Cavani. Man Utd pun kembali menambah poin lewat brace Anthony Martial, Scott McTominay, Bruno Fernandes (penalti), dan Daniel James. Di babak kedua, Southampton sempat mencetak gol lewat tendangan Che Adams, tapi dianulir Video Assistant Referee.

Baca selengkapnya: Setan Merah Hancurkan 9 Pemain The Saints 9-0

[Gambas:Video 20detik]

(ega/ega)