ADVERTISEMENT

Kelakar Pakar soal Bupati di NTT WN AS: Sistem Pemilu RI Buat Terpesona

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 17:35 WIB
Hendri Satrio (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Hendri Satrio (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta -

Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient P Riwu Kore, ramai menjadi pembahasan setelah disebut sebagai warga negara Amerika Serikat. Pakar Politik pun dibuat heran dengan sistem pemilu Indonesia akibat persoalan ini.

"Yang jelas sistem pemilu kita ini membuat orang terpesona karena bisa-bisanya WNA lolos tembus dan terpilih sebagai bupati," kata pakar politik, Hendri Satrio, dalam keterangannya, Rabu (3/2/2021).

Hendri Satrio mengaku tidak habis pikir dengan persoalan ini. Menurutnya, ini bisa berdampak pada pilgub dan pilpres ke depannya jika tidak segera dibenahi.

"Kalau ini tidak diperbaiki, bisa jadi nanti gubernur atau bahkan presiden," ucapnya.

Lebih lanjut, Hendri meminta ada evaluasi menyeluruh di KPU dan Bawaslu. Menurutnya, KPK juga dilibatkan masuk terkait persoalan ini.

"Soal WN AS jadi bupati harus evaluasi menyeluruh, jadi KPUD di NTT harus dievaluasi dan menurut saya KPK juga mesti masuk ke wilayah itu," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Bawaslu Sabu Raijua mengungkap bupati terpilih Sabu Raijua, Orient P Riwu Kore, masih berstatus warga negara Amerika Serikat (AS). Bawaslu mendapat informasi dari Kedutaan Besar (Kedubes) AS.

"Jadi kami baru melakukan data bahwa Saudara Orient P Riwu Kore adalah benar berkewarganegaraan AS. Itu dari Kedubes AS," kata Ketua Bawaslu Sabu Raijua, Yudi Tagihuma, saat dihubungi, Selasa (2/2).

Dalam Pilkada 2020, Orient P Riwu Kore berpasangan dengan Thobias Uly. Berdasarkan Sirekap KPU, pasangan calon (paslon) nomor urut 02 ini mendapatkan 21.359 suara (48,3%).

Mereka mengalahkan paslon 01, Nikodemus H Riki Heke-Yohanis Uly Kale, yang mendapatkan 13.292 suara (31,1%); dan paslon 03, Takem Irianto Radja Pono-Herman Hegi Radja Haba, yang memperoleh 9.569 suara (21,6%).

(maa/man)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT