Gerindra Jateng Bantu Korban Bencana Erupsi Merapi hingga Banjir

Inkana Putri - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 15:38 WIB
Gerindra Jateng
Foto: Gerindra
Jakarta -

Erupsi Gunung Merapi dan banjir di sejumlah wilayah Jawa Tengah memberi dampak terhadap warga sekitar. Melihat hal ini, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jawa Tengah turut menyalurkan bantuannya untuk para korban.

"Sebelumnya, DPD mengirim relawan Satria Rescue Team Jateng yang bertugas membantu pengungsi dan memantau perkembangan erupsi Merapi di Magelang, Klaten dan Boyolali. Selanjutnya DPD memberi bantuan sembako dan kebutuhan dasar lainnya untuk korban erupsi Merapi," ujar Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jateng, Rohmat Marzuki dalam keterangan tertulis, Rabu (3/2/2021).

Rohmat menjelaskan bersama pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Magelang, pihaknya telah menyalurkan bantuan untuk korban erupsi Merapi di Kecamatan Mertoyudan dan Kecamatan Dukun. Adapun bantuan tersebut merupakan sumbangan dari Fraksi Gerindra DPRD Jateng dan Anggota DPR RI, Prasetyo Hadi.

"Bantuan berupa sembako, susu bayi, masker dan keperluan lainnya untuk disalurkan kepada masyarakat yang terdampak erupsi Merapi melalui dua posko yaitu posko pengungsi Merapi di Desa Banyurejo, Kecamatan Mertoyudan dan posko siaga Merapi di Dusun Babadan, Desa Paten, Kecamatan Dukun," paparnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Gerindra terhadap para korban bencana. Dalam kesempatan tersebut, Rohmat juga tak lupa mengingatkan para korban untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Gerindra wajib hadir untuk kemanusiaan. Gerindra siap bergerak untuk kemanusiaan. Ini merupakan bentuk kepedulian Partai Gerindra yang berusaha hadir di tengah masyarakat ketika mengalami kesusahan. Kesusahan masyarakat adalah kesusahan kami. Kesulitan masyarakat adalah kesulitan kami juga. Tak lupa bapak ibu sekalian tetap menjaga protokol kesehatan," imbuhnya.

Selain itu, Ketua DPD Gerindra Jateng, Abdul Wachid juga memberikan bantuan untuk korban banjir di Kudus dan Jepara bersama jajaran pengurus DPC dan Fraksi Gerindra DPRD Kudus dan Jepara. Anggota DPR RI dari Dapil Jateng II ini berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban para korban.

"Ini merupakan bentuk keprihatinan dan kepedulian Partai Gerindra kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kudus dan Jepara. Kita perlu terjun langsung untuk mengetahui kondisi riil dan memberikan dorongan motivasi. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban korban banjir," kata Wachid.

Secara simbolis, Wachid menyerahkan bantuan ke 4 desa di Jepara dan Kudus. Adapun bantuan yang diberikan berupa makanan, perlengkapan tidur dan peralatan masak.

"Secara simbolis kami serahkan bantuan berupa paket beras, mie instan, makanan anak-anak, kasur, selimut, matras, peralatan dapur dan food ware untuk korban banjir di Desa Blimbing dan Desa Pasuruan Lor, Kabupaten Kudus serta di Desa Dorang dan Desa Banget, Kabupaten Jepara," jelas Wachid.

Di samping membantu para korban, Wachid mengatakan bakti sosial tersebut juga dalam rangka memperingati Ultah Gerindra.

"Bakti sosial ini juga untuk memperingati Ultah Partai Gerindra ke-13, tanggal 6 Februari 2021 nanti. Sesuai dengan tema: Perkuat Diri Membangun Negeri, kami ingin menguatkan masyarakat korban banjir agar bisa bangkit. Apalagi saat ini kita masih mengalami pandemi COVID-19," pungkasnya

(akn/ega)