Menhub-Menristek Cek Kesiapan GeNose di Stasiun Pasar Senen

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 08:47 WIB
Menhub dan Menristek cek kesiapan GeNose di Stasiun Pasar Senen (Foto: Azhar/detikcom)
Menhub dan Menristek mengecek kesiapan GeNose di Stasiun Pasar Senen. (Azhar/detikcom)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi serta Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro menyambangi Stasiun Kereta Api (KA) Pasar Senen, Jakarta Pusat. Kedatangan Budi Karya dan Bambang itu bertujuan meninjau kesiapan implementasi alat pendeteksi COVID-19 buatan Indonesia, 'GeNose'.

Pantauan detikcom, Budi Karya dan Bambang tiba sekitar pukul 07.10 WIB, Rabu (3/2/2021). Begitu tiba, Budi Karya dan Bambang langsung menuju lokasi pelayanan GeNose didampingi Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo.

Mereka memantau langsung prosedur penggunaan GeNose pada penumpang kereta api. Dari hasil tes GeNose itu, salah satu penumpang menunjukkan negatif COVID-19. Budi Karya dan yang lain pun langsung bertepuk tangan.

Mulai beberapa waktu lalu, pemakaian GeNose untuk pengetesan COVID-19 bagi penumpang kereta api memang sudah diizinkan. Nantinya, penggunaan GeNose ini tak hanya di stasiun-stasiun.

Mulai 5 Februari, GeNose juga akan disiapkan di terminal-terminal untuk mendeteksi COVID-19 bagi para calon penumpang. Tes untuk calon penumpang bus akan dilakukan secara acak.

"GeNose adalah alat pendeteksi COVID-19 buatan Indonesia, yang diinisiasi oleh tim peneliti dari UGM. Saat ini sudah mendapatkan persetujuan edar dari Kemenkes dan Satgas Penanganan COVID-19. Untuk itu, pada moda kereta api akan diterapkan secara wajib (mandatory) pada tanggal 5 Februari 2021. Sedangkan angkutan bus tidak wajib, tapi akan dilakukan pengecekan secara random menggunakan GeNose mulai 5 ferbuari 2021, yang akan dimulai dari Pulau Jawa terlebih dahulu," kata Menhub dalam keterangan tertulis, Senin (25/1).

(mae/mae)