Kesaksian Warga soal Suara Dentuman di Malang Dini Hari Tadi

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 06:45 WIB
ilustrasi telinga
Foto: ilustrasi/thinkstock
Malang -

Suara dentuman terdengar di Malang, Jawa Timur. Sejumlah warga menceritakan kesaksiannya soal dentuman yang diperkirakan berlangsung pada dini hari tadi.

Warga Malang, Shifa,mengatakan ia mendengar jelas dentumannya. Beberapa dentuman kencang diiringi getaran-getaran tipis.

"Dari sekitar jam 12-an (malam) tadi sih dan sampai sekarang jam 04.16 WIB masih terdengar samar-samar. Tapi kayaknya nggak cuma di Malang aja, di Surabaya juga terdengar suara dentuman," kata Shifa kepada detikcom, Rabu (3/2/2021).

Shifa mengatakan dentuman tersebut juga menyebabkan sejumlah getaran. Jeda antar getaran tak jauh berbeda.

"Untuk berapa kalinya aku nggak tahu jelasnya, tapi tadi getarannya intensif banget, hanya jeda beberapa detik saja," ucap Shifa.

Begitu juga dengan warga Malang lainnya, Asa. Dia mengatakan dentuman terdengar sejak pukul 02.00 WIB. Saat ini, kata Asa, dentuman semakin samar.

"Yang getar cuma kaca rumah aja, nggak sampai ngerasa ada gempa," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, suara dentuman terdengar di Malang, Jawa Timur. Dentuman itu pertama kali terdengar pada Selasa (2/2) pukul 23.00 WIB. Dentuman terdengar beberapa kali dengan frekuensi yang berdekatan.

Petugas call center BPBD Kota Malang, Aziz, mengatakan dentuman terdengar hingga Kabupaten Malang. Dentuman terdengar seperti meriam hingga getarkan kaca jendela.

Belum diketahui, sampai saat ini dari mana dentuman berasal.

"Benar, se-Malang Raya, di (Kota) Batu dengar, di Kabupaten Malang ada yang sebagian yang mendengarkan. jendela, kaca-kaca, getar-getar," kata Aziz.

Simak juga video 'LAPAN Duga Dentuman Buleleng Bali Berasal dari Meteor Jatuh':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/eva)